KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Eks TPA Lowokdoro Disulap Jadi Kebun Raya Bogor Mini, Pemulung Resah

Rabu, 14/Maret/2018 0:54:07

MALANG (SurabayaPost.id) – Eksekutif TPA Lowokdoro bakal disulap menjadi Kebun Raya Bogor tipe mini. Upaya itu sufsb menjadi tekad Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Kadin LH kota Malang Agoes Edy Poetranto, Selasa (13/3/2018) mengungkapkan bahwa hal itu untuk merealisasi target bebas sampah hingga satu bulan kedepan. Itu sebagai perwujudan program nasional KLHK berupa TBBS (tiga bulan bersih sampah).

Makanya kata ada tiga eks TPA yang bakal alih fungsi. Di antaranya di Pandanwangi, Tereko, Lowokdoro. Sesuai program eks TPA Lowokdoro akan ditanami pohon langka.

Pohon langka itu disebutkan seperti pohon kluwek, dan pihon lainnya sebanyak 104 pohon. Itu sesuai umur Kota Malang yang pada tanggal 1 April nanti sudah berusaha 104 tahun.

Sedsngkan eks TPA Pandanwangi akan ditanami bunga. “Kami akan menyuap kawasan tersebut menjadi museum bunga,” kata dia.

Disinggung soal baliho fungsi eks TPA Lowokdoro yang diproses warga pemulung dia tidak membantah. Dia menegaskan bila hal itu sudah beres karena segera mulai ditata sesuai kebutuhan DLH.‎

Sebagaimana diketahui beberapa pemulung sampah di eks TPA Lowokdoro, Kecamatan Sukun, Kota Malang mengaku resah. Sebab audah dua hari terakhir mereka tidak lagi memilah sampah di tempat itu.

Alasannya petugas dari Pemkot Malang melarang kawasan itu dipakai untuk area pembuangan sampah. “Katanya mau ditutup. Tidak boleh lagi membuang sampah di sini. Kalau di sini dilarang, 23 KK yang memungut dan memilah sampah di sini tidak punya pekerjaan dan tidak mendapatkan penghasilan,” ujar Seladi, salah satu pemulung di eks TPA Lowokdoro.

Larangan itu disampaikan pada Senin (12/3/2018) sore. Mereka akhirnya tidak memilah sampah karena tidak ada pasokan sampah baru masuk ke kawasan itu.

Menurut Seladi, pasokan sampah di tempat itu berasal dari petugas pengangkut sampah di sejumlah kampung di sekitar Lowokdoro.”Kami berharap pemerintah tidak menutup tempat ini,” ujar Seladi. (Doddy Rizky)

121 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan