KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Ini 8 Penyebab Sendawa

Kamis, 8/Maret/2018 17:09:26
Sendawa

SURABAYA (SurabayaPost.id) – Sendawa adalah hal yang biasa terjadi pada seseorang. Sendawa biasanya terjadi setelah selesai makan atau pada saat kondisi tubuh sedang tidak fit seperti masuk angin.

Walaupun terkesan biasa, sendawa tidak bisa dianggap sepele karena bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius. Terlebih jika sendawa terjadi terlalu sering. Melansir Health, Kamis (8/3/2018), berikut beberapa penyebab terjadinya sendawa yang terlalu sering:

Baru saja selesai makan dalam porsi besar

Mengonsumsi makanan lebih banyak bisa menyebabkan sendawa karena meningkatkan tekanan di dalam perut. Tekanan tersebut berubah menjadi gas yang naik ke kerongkongan lantaran tidak ada tempat lagi di perut. Gas di kerongkongan kemudian keluar melalui mulut dan itulah yang disebut sendawa.

Makan terlalu cepat

Saat mengunyah makanan terlalu cepat, akan lebih banyak udara yang masuk ke tubuh. Kondisi itu membuat Anda bersendawa lebih sering. Biasakan untuk mengunyah makanan dengan pelan agar tidak terlalu banyak udara yang masuk.

Menghirup udara berlebih

Makan terburu-buru bukanlah satu-satunya penyebab volume udara yang masuk ke tubuh lebih banyak. Mengunyah permen karet, merokok, dan terlalu sering menarik napas ketika gugup juga bisa meningkatkan volume udara yang masuk ke tubuh. Kondisi ini membuat tubuh menjadi kembung sehingga sering bersendawa atau dalam istilah medis dikenal dengan nama aerophagia.

Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan yang mengandung gula, tepung, dan berserat akan menghasilkan gas selama proses pencernaan. Gas itulah yang menyebabkan seseorang bersendawa lebih banyak. Selain itu, makanan seperti bawang, brokoli, telur, daging, dan ikan juga turut berpengaruh.

Minum minuman bersoda

Minuman bersoda termasuk bir tentu mengandung gas karbon dioksida yang lebih banyak sehingga meningkatkan kemungkinan sendawa.

Terkena sindrom iritasi usus besar

Bila seseorang bersendawa terlalu sering bersamaan dengan gejala lain seperti kembung, sakit perut, dan konstipasi atau diare bisa jadi ia terkena sindrom iritasi usus besar. Segeralah periksa ke dokter agar cepat ditangani jika memang demikian kondisinya.

Asam lambung naik

Terlalu sering bersendawa juga bisa menandakan kenaikan asam lambung. Tanda lainnya adalah perut menjadi mulas, kesulitan menelan, nyeri di bagian atas perut atau dada, suara serak, perut terasa panas, dan merasa tenggorokan seperti tersumbat. Kondisi ini juga bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, makanan pedas dan berlemak, serta melewatkan jam makan.

Terkena penyakit gastritis

Sendawa bisa juga menandakan seseorang terkena penyakit gastritis. Gejala lain dari penyakit ini adalah nyeri di perut bagian atas, mual atau muntah, gangguan pencernaan, serta kehilangan nafsu makan. (okz)

174 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan