KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Rp 68 Miliar Jika Menemukan Mullah Fazlullah

Minggu, 11/Maret/2018 12:47:06
Mullah Fazlullah

WASHINGTON (SurabayaPost.id) – Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah sebesar US$5 juta atau setara Rp68 miliar untuk informasi keberadaan Mullah Fazlullah, pemimpin kelompok militan Taliban Pakistan yang telah melakukan pemberontakan selama satu dekade di negara Asia Selatan.

Tawaran itu diumumkan di tengah memburuknya hubungan AS-Pakistan dan bertepatan dengan kunjungan menteri Luar Negeri Pakistan ke Washington DC untuk melakukan pembicaraan terkait kerja sama kontraterorisme dan strategi perang.

Kemlu AS juga menawarkan hadiah masing-masing sebesar US$3 juta untuk informasi mengenai Abdul Wali, pemimpin afiliasi Taliban Pakistan dan Mangal Bagh, pemimpin aliansi militan Pakistan yang dituduh menyerang konvoi NATO beberapa waktu lalu. Jika ditotal, maka lebih dari Rp120 miliar disiapkan AS demi informasi pentolan Taliban tersebut.

“Masing-masing individu diyakini telah berkomitmen menimbulkan risiko tindakan terorisme yang signifikan, yang mengancam keamanan Amerika Serikat dan warga negaranya,” kata pihak Kemlu AS seperti dikutip Reuters.

Pada Januari, Presiden AS Donald Trump menangguhkan bantuan keamanan sekitar US$2 miliar ke Pakistan lantaran dianggap gagal menindak jaringan Taliban Afghanistan dan Haqqani.

Tiga pemimpin militan tersebut menjadi ancaman bagi Pakistan dan juga pasukan koalisi pimpinan AS di Afghanistan sebagaimana disampaikan Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataannya. (viva)

89 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan