KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Bahas LKPJ Bupati, DPRD Gresik Bidik Dua Persoalan

Senin, 9/April/2018 10:40:51

GRESIK (SurabayaPost.id)-Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Gresik akan membahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

Masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta menyampaikan kepada komisi-komisi yang membidangi, pada Rabu (10/4) dan Kamis (11/4) April mendatang.

Wakil Ketua DPRD Gresik Moh Syafi’am mengatakan, masing-masing komisi diminta ‘membidik’ atau fokus kepada satu sampai dua persoalan saja, agar efektif.

“Kemarin komisi-komisi sudah didampingi tim ahli. Nanti akan fokus kepada satu dua persoalan, biar tidak ngglambyar. Jadi kita arahkan kesitu,” kata Syafi’ saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Senin (9/4).

Dikatakan Syafi’ setiap komisi harus menemukan minimal dua persoalan yang dianggap penting terkait program yang nersentuhan langsung dengan masyarakat. Dari persoalan itu lalu dimunculkan rekomendasi sebagai bahan evaluasi kinerja eksekutif.

“Rekomendasi itu dasarnya adalah temuan dari RKPD kepala daerah. Misalnya soal kesehatan yang tidak bisa melakukan pelayanan secara maksimal. Misalnya seperti itu,” imbihnya.

Saat ini pihaknya belum bisa memberikan garis besar apa yang akan jadi fokus pembahasan LKPJ. Karena komisi-komisi belum ketemu OPD untuk menyampaikan kinerja 2017.

“Jadi kita hanya memberikan tugas beberapa saja kepada komisi mana yang perlu bahas dan diperdalam. Kalau semua dibahas justeru tidak akan fokus. Kalau dulu kan semuanya dibahas akhirnya rekomendasi tidak bunyi (fokus),” tandasnya.

Finalnya ungkap Syafi’ nanti dibadan anggaran untuk merangkum hasil temuan melalui rapat komisi-komisi dengan OPD agar fokus dan terarah.

“Masing-masing komisi nanti bisa melakukan pengawasan atas rekomendasi yang mereka buat sendiri. Dengan harapan biar nyambung,” tuturnya.

Setelah pembahasan selesai hingga rekomendasi tuntas, berikutnya adalah penyampaian hasil evaluasi LKPJ melalui rapat paripurn untuk didengarkan dan disampaikan ke bupati langsung.

“Makanya Bupati wajib datang. Karena ini hasil rekomendasi yang wajib didengar dan diketahui oleh bupati langsung. Kalau bupati berhalangan hadir ya kita tunda sampai bupati nisa datang, karena menyangkut kinerja yang harus duperbaiki,” pungkasnya. (masduki/adv)

2,102 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan