KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Pasangan MeNaWan Bakal Tingkatkan Jumlah Pelaku Ekraf

Senin, 16/April/2018 16:26:32

MALANG (SurabayaPost.id) – Pasangan calon walikota dan wakil walikota nomor urut 1 Ya’qud Ananda Gudban dan Ahmad Wanedi terus berupaya menggenjot peningkatan pelaku ekonomi kreatif dan home industry di Kota Malang.

Upaya peningkatan tersebut disampaikan oleh Ahmad Wanedi ketika bertemu dengan pelaku home industry pesawat mainan dari styrofoam di wilayah Mergosono.

“(Industri kreatif) Ini seharusnya diperhatikan oleh pemerintah diberikan modal, diberikan ruang sehingga pemasaran mereka lebih mudah dan luas,” kata Wanedi melanjutkan menanyakan permasalahan home industry pesawat mainan

Sama seperti permasalahan pelaku ekraf lainnya, Sulistiono (38) pelaku home industry pesawat dari styrofoam mengaku masih terkendala modal. Mengenai pemasaran pria yang akrab disapa Tio itu menjelaskan bahwa untuk mainan pesawat punya tempat sendiri.

“Modal yang kurang. Kalau untuk pasarnya kita menyasar anak-anak, biasanya di alun-alun atau ditempat-tempat wisata. Jadi punya tempat khusus,” kata Tio

Dalam sehari Tio mengaku mampu menjual hingga 100 mainan pesawat. Namun bila musim liburan tiba bisa mencapai 400 mainan. Satu buah pesawat dibadrol dengan harga Rp.15 ribu.

“Sangat diminati sekali, mintanya banyak apalagi kalau libur,” ucapnya

Untuk memenuhi permintaan dari konsumen, Tio akhirnya terpaksa memborong pesawat dari kota Batu karena tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup sehingga memproduksi sesuai permintaan.

“Saya kan kerja sendiri gak ada karyawan, orang mau ada bagaimana kalau modal saja belum cukup. Jadi saya hanya minta ke pemerintah untuk tolong kita ya di kasih modal,” katanya berharap

Wanedi yang mendengar curhatan tersebut menjelaskan bahwa dirinya bersama Nanda telah memiliki program utama yang diprioritaskan kepada para pelaku ekraf.

“Soal itu jangan khawatir, saya dan Mbak Nanda punya program prioritas untuk UKM dan industri kreatif di kota Malang. Insyaallah untuk urusan modal, pemasaran dan lainnya akan kita penuhi,” kata Wanedi

Secara bersama-sama pasangan dengan akronim menawan ini akan terus berupaya memaksimalkan potensi yang telah ada dimasyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di bumi Arema.

“Kalau seperti Pak Tio ini kan bisa memperkejakan tetangga disamping kiri-kanannya. Potensi pengangguran semakin kecil,” ucapnya

Bila jumlah pelaku ekraf semakin ditingkatkan maka yang terjadi adalah menurunnya angka pengangguran dan angka kemiskinan.

“Karena semua pekerjanya diserap oleh industri kreatif yang ada di masyarakat. Daya hidupnya berkembang, daya belinya pun ikut meningkat. Pun demikian ekonomi kita juga meningkat,” ucapnya

Sebagai informasi berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, jumlah ekonomi kreatif saat ini mencapai 16 subsektor dengan tiap subsektor mencapai kurang lebih 100 ekraf. (Doddy Rizky)

72 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan