KONTRAKTOR KUBAH MASJID

KUBAH MASJID ENAMEL

Kiriman TKI Malang Selama Bulan Puasa Capai 9000 Transaksi

Selasa, 12/Juni/2018 1:29:42

MALANG (SurabayaPost.id) – Kiriman uang dari tenaga kerja Indonesia (TKI) pada Lebaran kali ini diperkirakan meningkat jika dibanding Lebaran tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari banyaknya transaksi hingga minggu akhir Ramadan ini.

Hal ini diungkap Kepala Penjualan Kantor Pos Malang Imam Syafi’i menyatakan, pihaknya belum menghitung berapa jumlah kiriman TKI. Tapi, dia memperkirakan ada peningkatan. Sebab sejak awal Ramadan, sudah banyak kiriman uang dari TKI.

”Kami prediksi remittance (kiriman uang dalam bentuk valuta asing) dari TKI bulan ini lebih dari 9.000 transaksi,” ujar Imam Syafi’i Senin (11/6/2018).

Dibanding Lebaran 2017 lalu, Imam mencatat jumlah remittance dari TKI hanya 8.700 transaksi. ”Grafik kami menunjukkan transaksi remittance melonjak dari bulan-bulan sebelumnya (lebih kecil dibanding Ramadan tahun ini),” tegasnya.

Pada April, Kantor Pos Malang mencatat remittance TKI sekitar 6.700 transaksi. Angka itu melonjak pada Mei dengan 7.100 transaksi. Sementara Juni ini, sejak awal hingga minggu akhir menunjukkan adanya peningkatan transaksi.

”Apalagi kami tidak libur. Jadi, penghitungan transaksi terus dilakukan,” paparnya. Tambahnya kalau Karyawan PT Pos hanya libur tepat di hari Lebaran.

Sementara selain Kantor Pos Malang, jasa pengiriman JNE juga mengungkapkan adanya peningkatan kiriman dari mancanegara. Hanya, wujudnya berupa barang. Seperti dikatakan Head of Size and Marketing JNE Cabang Utama Malang Whindiarto Yudhistiro, waktu low session pengiriman tak terlihat sejak beberapa hari jelang Ramadan.

”Untuk pertumbuhan jasa kurir kami sudah mencapai 30 persen. Sempat low session, tapi Ramadan meningkat lagi,” jelas Whindiarto.

Disebutnya bahwa peningkatan kiriman barang disebabkan dominasi online shop. Bahkan, untuk pengiriman dalam kota, sudah mencapai lebih 10 persen dari total transaksi.

”Ibu-ibu yang kehabisan make-up, tidak mau menunggu lama. Mereka meminta dikirim online, lalu pengiriman biasanya lewat agen kami,” tandasnya bangga.

(drz/ah)

75 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan