Hakim Heran Mendengar Keterangan Suami Terdakwa Penganiayaan Anak

2 October 2019 - 18:04 WIB
Suyati (paling kiri) didampingi kedua kuasa hukuknya saat mendengarkan suaminya bersaksi di persidangan.

SURABAYA (surabayapost.id) – Majelis hakim yang diketuai Dewi Iswani heran saat mendengar keterangan suami dari Suyati, terdakwa kasus penganiayaan anak tiri pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (2/10/2019). Pasalnya sebagai ayah kandung korban, saksi justru terkesan menutup-nutupi perbuatan terdakwa.

Kegeraman hakim Dewi berawal saat saksi yang merupakan suami terdakwa dimintai keterangannya sebagai saksi di persidangan. Namun anehnya, keterangan saksi tak berpihak kepada anak kadungnya yang menjadi korban.

Selain itu, saksi juga mengaku tidak mengetahui isi dari surat visum atas nama anaknya. “Kamu ini bagaimana, masak anakmu luka-luka tidak tahu. Benar gak anakmu mengalami luka? Itu anak kandung mu sendiri lho,” kata hakim Dewi kepada saksi.

Meski didesak, saksi tetap saja membantah isi surat visum tersebut. Hakim Dewi pun mencoba menasehati saksi agar memberikan keterangan dengan jujur. “Anak itu untuk masa depanmu, sedangkan istri bukan untuk masa depan. Jangan karena baru nikah, kamu tutupi perbuatan istrimu,” tegas hakim Dewi.

Atas dasar itu, hakim Dewi lantas memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maryani Melindawati untuk menghadirkan penyidik ke persidangan pekan depan. “Panggil saksi verballisan ya bu jaksa, untuk diperiksa sidang pekan depan,” kata hakim Dewi kepada JPU Maryani.

Dalam kasus ini, Suyati didakwa telah menganiaya anak tirinya berinisial FK. Saat sedang marah, perempuan berusia 30 tahun ini sering menginjak leher dan punggung korban yang masih duduk di bangku kelas 1 SD.

Penganiayaan tersebut terjadi sejak 2018. Parahnya, penganiayaan dilakukan Suyati saat sang ayah tidak di rumah. Akibat perbuatannya, korban mengalami trauma dan takut pulang ke rumah. Mirisnya lagi, korban lebih memilih pulang ke rumah tetangganya, sambil menunggu ayahnya pulang kerja. (aha/fan)