Peringati 17 Agustus 2024, Peserta Upacara di Lapas Kelas 1 Malang Kenaikan Pakaian Adat Nusantara

Peringati 17 Agustus 2024, Peserta Upacara di Lapas Kelas 1 Malang Kenaikan Pakaian Adat Nusantara. (Sumber Humas Lapas)
Peringati 17 Agustus 2024, Peserta Upacara di Lapas Kelas 1 Malang Kenaikan Pakaian Adat Nusantara. (Sumber Humas Lapas)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur l menggelar upacara bendera yang diikuti oleh seluruh petugas lapas dan warga binaan, Sabtu (17/08/2024).

Bertempat di lapangan Lapas Kelas I Malang, upacara berlangsung dengan khidmat dan diwarnai dengan Kebhinekaan Tunggal Ika yang terlihat dari beragam pakaian adat yang dikenakan oleh peserta upacara.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Lapas Malang Ketut Akbar Herry Achjar membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, disampaikan dalam sambutannya tema besar yang diusungkan dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 79 tahun ini adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema ini bukan sekedar kalimat retoris, tetapi penuh akan makna yang mendalam.

Kalapas Kelas 1 Malang, Ketut Akbar Herry Achjar
Kalapas Kelas 1 Malang, Ketut Akbar Herry Achjar

“Ini adalah seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa kita. Dimana setiap elemen masyarakat berperan aktif demi mencapai kemajuan yang lebih baik,” jelas Kalapas dilansir dari rilis L’SIMA.

Sebagai bagian dari acara penutup, Lapas Malang juga memberikan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya berdasarkan Keputusan Presiden kepada 6 orang pegawai Lapas Malang atas pengabdian dan kesetiaan selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.