Melalui “Jumat Curhat” Kapolres Batu Banyak Mengurai Persoalan yang Dikeluhkan  Warga 

Kapolres Batu bersama sejumlah Anggotanya saat gelar Jumat Curhat (Ist)
Kapolres Batu bersama sejumlah Anggotanya saat gelar Jumat Curhat (Ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata tampung keluhan dan aspirasi masyarakat,melalui rutinitas giat “Jumat Curhat” banyak yang terurai persoalan warga.

Seperti giat kali ini,program blusukannya jelajah desa dan kelurahan di Kota Batu melalui “Jumat Curhat”  berlangsung di Kawasan Café Pinus Desa Oro – Oro Ombo , Kecamatan Batu, Kota Batu, mengurai keluhan warga terkait persoalan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) pada Jumat (18/10/2024).

Dalam giat ini,hadir Kepala Desa Oro – Oro Ombo,bersama Perangkat Desa, Ketua RW/ RT beserta Tokoh Masyarakat dari tingkat RT-RW dan jajaran Pejabat Utama (PjU) Polres Batu dengan  seluruh anggota Polres Batu.

Dalam sambutannya,Andi sapaan akrabnya orang nomor satu dilingkungan Polres Batu  menjelaskan bahwa “Jumat Curhat” merupakan sebuah inisiatif  dengan tujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta memberikan wadah bagi warga dalam menyampaikan keluhan,saran,dan masukan berbagai persoalan yang terjadi di dilingkungan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Polres Batu dalam melayani dan mendengarkan aspirasi warga.Jumat Curhat kali ini saya mengajak seluruh anggota untuk semakin dekat dengan masyarakat, sentuh mereka dangan hati sehingga setiap masalah sekecil apapun bisa diserap oleh Polri,” ujar Andi.

Selama kegiatan,menurut Andi,Jumat Curhat  berbagai keluhan dan masukan dari warga disampaikan dengan lugas tegas dan santun.

“Cara berkomunikasi dengan cara seperti ini, dirasa sangat efektif sehingga kita mengerti terkait masalah dan keluhan ditengah masyarakat. Seperti halnya yang dikeluhkan oleh salah satu warga terkait Hippam di wilayahnya ,” katanya.

Itu kata dia,salah satu warga tengah  mengutarakan permasalahan seputar keamanan,tindak kriminalitas, serta berbagai isu sosial yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari yang ia alami secara langsung.

Dengan keluhan dan yang mereka tampung,Andi bersama pejabat utama Polres Batu langsung mencatat setiap keluhan yang disampaikan warga, disitu warga langsung mendapat  penjelasan terkait langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi permasalahan yang dimaksud.

“Polres Batu akan terus meningkatkan pelayanan publik khususnya yang ada di wilayah hukum Mapolres Batu. Kita buat semua masyarakat nyaman ketika datang membutuhkan pelayanan, seperti saat ini dalam pelayanan pembuatan SIM,” ungkapnya.

Olehkarena itu,Ia menyebut dalam kegiatan Jumat Curhat ini merupakan  salah satu sarana efektif yang digunakan oleh Polres Batu untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan membuka saluran komunikasi yang lebih erat, menciptakan komunikasi yang lebih harmonis.

“Melalui program Jum’at Curhat ini, Polres Batu akan terus komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memperkuat ikatan emosional antara kepolisian dan warga,” harapnya  

Forum ini, harapan besarnya dapat menjadi wahana efektif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.(Gus)