BATU (SurabayaPost.id) – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap, RS Bhayangkara Hasta Brata Batu meluncurkan program inovatif SiApelRanap (Sistem Administrasi Pelayanan Rawat Inap), pada Rabu (11/9/2024).
Program yang diprakarsai dr. Ananingati, Sp.OG (K) ini, dalam rangka implementasi aksi perubahan dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2024 yang tengah diikutinya.
Program SiApelRanap bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian rawat inap melalui sistem yang lebih terintegrasi, efisien, dan transparan. Sistem ini agar dapat mempermudah alur administrasi serta monitoring pasien,supaya pelayanan kesehatan bisa diberikan dengan lebih optimal.
Dalam pidato peluncurannya Aningati menyampaikan bahwa ini tidak hanya mempermudah proses internal, SiApelRanap juga memungkinkan pasien dan keluarga untuk memantau perkembangan perawatan dengan lebih baik.
“Harapannya program ini dapat menjadi salah satu langkah awal dalam mengembangkan rumah sakit yang lebih berorientasi pada kebutuhan pasien dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam dunia kesehatan,” ujarnya.
Untuk itu, ia berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas layanan di RS Bhayangkara Hasta Brata Batu.Dengan adanya SiApelRanap, pihaknya yakin pelayanan kepada pasien akan lebih cepat dan akurat.
“Ini adalah wujud nyata dari aksi perubahan yang diimplementasikan melalui pelatihan kepemimpinan,” paparnya.
Lantas papar dia,peluncuran program ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, termasuk manajemen rumah sakit dan tenaga medis yang terlibat, alasnya karena sistem ini dianggap sebagai inovasi penting dalam menghadapi tantangan pelayanan kesehatan modern.
“Kami berharap SiApelRanap ini dapat menjadi contoh bagi rumah sakit lainnya dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia,” lanjutnya.
Ia katakan tetap ikuti perkembangan lebih lanjut terkait inovasi-inovasi lainnya dari RS Bhayangkara Hasta Brata Batu.(Gus)