PADANG (SurabayaPost.id) – Misi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengangkat kreasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV Padang pada 7-10 Agustus 2022 berjalan sukses.
Produk daster bordir dari brand Red Tulip yang menjadi unggulan langsung ludes diborong sejumlah delegasi yang mengunjungi stan Kota Malang di hari pertama gelaran Indonesia City Expo 2022.
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi testimoni nasional akan kualitas karya kreatif dari Kota Malang. “Bagi daerah dan khususnya Kota Malang ini (Rakernas) jadi ajang promosi potensi. Produk-produk unggulan, sehingga harapannya nanti banyak orang datang ke Kota Malang dan ada efek dominonya bagi ekonomi masyarakat,” terang Sutiaji.
Tercatat sejumlah wali kota beserta delegasi seperti dari Tarakan, Mojokerto, dan Makassar memborong produk daster Malangan yang memiliki kekayaan motif, berbahan katun Jepang yang terbaik di kelasnya, dan dibuat secara handmade embroidery.
Sementara itu, Ike Vidya, pemilik brand Red Tulip mengaku senang bisa difasilitasi Pemkot Malang mengikuti pameran yang dihadiri delegasi dari 98 kota se-Indonesia ini.
“Ini support (Pemkot Malang) yang luar biasa untuk UMKM lokal. Tidak hanya daster, tapi juga produk taplak, sandal, dan tas. Awal kita bawa 130 pcs, sisa beberapa saja. Nanti datang lagi 150 pcs tambahan dari Malang. Kontak pasar baru juga banyak kita dapatkan,” kata Ike.
Ike berharap ke depan dukungan pemasaran produk semacam ini terus dilakukan bahkan sampai ke luar negeri. Dia pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wali Kota Malang Sutiaji dan Ketua Dekranasda Kota Malang Widayati Sutiaji yang telah memberikan dukungan.
City Expo yang dihelat dalam Rakernas Apeksi masih berlangsung hingga 10 Agustus 2022 di Lapangan RTH Imam Bonjol, Kota Padang. (*)
Leave a Reply