Plt Bupati Bersama Pejabat OPD Kunjungan ke China, Ketua DPRD Tidak Tahu

Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko
Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko

MALANG (SurabayaPost.id)  – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang HM Sanusi melakukan kunjungan kerja ke Cina sejak sepekan lalu. Kunjungan kerja yang mengajak sekitar 26 pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Malang itu justru tak diketahui kalangan DPRD Kabupaten Malang.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko mengaku tidak tahu jika Plt Bupati Malang HM Sanusi bersama pejabat OPD ke China. “Saya tidak tahu,” kata dia saat dikonfirmasi wartawan Senin (29//7/2019).

Dia pun mengaku tidak paham agenda HM Sanusi itu ke China dalam.rangka apa. Sehingga politisi dari PDIP ini juga tidak tahu apakah hanya pelesiran atau ada kunjungan kerja.

Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono
Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono

Begitu juga terkait  izin dari Mendagri, Tjahjo Kumolo, Ketua DPRD Kabupaten Malang ini mengaku tak mengetahui. Sebab sesuai surat edaran dari Mendagri menyebutkan bila Bupati atau kepala daerah melakukan kunjungan ke luar negeri harus seizin Mendagri.

“Itu (juga) saya  belum tahu, karena tidak ada tembusan ke DPRD Kabupaten Malang. Coba Check ke Sekda,” imbaunya  singkat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono tak membantah bila Plt Bupati HM Sanusi melakukan kunjungan kerja ke China. Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan Sanusi  bersama beberapa pejabat OPD itu untuk kunjungan kerja di bidang pertanian.

“Pak Sanusi bersama rombongan menghadiri undangan ke China. Itu untuk belajar pertanian.  Hasilnya akan diterapkan di Kabupaten Malang,” ungkapnya.

S3cara detail dia menjelaskan jika kunjungan kerja itu untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan produksi beras. Jika selama ini panen di Kabupaten Malang setahun dua kali bisa menjadi tiga kali.

“Karena itu di sana belajar pertanian.  Plt Bupati Malang tidak sendiri, tetapi bersama sejumlah pejabat. Ya, diantaranya Pejabat Dinas Pertanian dan sejumlah Pejabat dari OPD lainnya,” pungkasnya. (aii)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.