Audiensi, Kajari Ngaku Sangat Tertarik dengan PEPADI

Suasana audiensi PEPADI dengan Kajari Kota Batu Dr Supriyanto SH MH

BATU (SurabayaPost.id) – Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kota Batu melakukan audiensi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Batu, Selasa (26/1/2021).  Kajari Dr Supriyanto SH MH mengaku sangat tertarik dan antusias dengan terbentuknya PEPADI tersebut.

Dalam audensi itu Ketua PEPADI Oktavianus Eko Suprapto n S, Sn bersama Sekertaris dan jajarannya ditemui di ruang kerja Kajari Batu. 

Pada kesempatan itu, Supriyanto, mengaku sangat tertarik dan antusias dengan terbentuknya PEPADI di Kota Batu. Alasannya, karena dirinya bisa berkolaborasi dengan seni dan budaya dalam melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana.

“Melalui sosialisasi dengan media pewayangan dan seni lainnya.Tujuannya agar tidak melakukan pelanggaran hukum. Karena akan lebih mudah dan mengena sasaran dengan media pagelaran pewayangan yang sudah barang tentu disenangi oleh masyarakat,” katanya.

Dengan begitu, ia berharap agar bisa berkolaborasi dengan komunitas seni dan budaya untuk membantu menyampaikan pesan moral dan hukum kepada masyarakat.

“Disamping itu bisa memajukan budaya kita yang sungguh bagus.Adi luhung dan penuh tuntunan dalam pagelaran wayang kulit,” ungkapnya.

Melalui komunitas tersebut, ungkap dia, telah punya konsep dan program yang menyatukan tugas dan Fungsi  Kejaksaan dengan kegiatan pedalangan khususnya di Kota Batu.

“Melalui program Jaksa Peduli Seni dan Budaya.Kita harus berdayakan potensi yang ada di Kota Batu untuk membangun daerah dan melakukan penegakan hukum. Salah satunya adalah komunitas seni dan budaya,” paparnya.

Lantas, papar dia, pedalangan disamping mengandung aspek tontonan (hiburan), menurutnya juga tuntunan.” Dan kebetulan kami sangat menggandrungi seni dan budaya pewayangan,” ngakunya. (Gus) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.