Penulis MIAW: Belajar Pemasaran Hanya Butuh Satu Minggu

Donny Susilo

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Setelah sukses dengan buku bertajuk Teknik Negosiasi Kekinian, kini Donny Susilo meluncurkan buku barunya berjudul it’s my MIAW (Marketing In A Week). Buku tersebut mengajarkan esensi-esensi penting dalam penerapan ilmu pemasaran. Sehingga belajar pemasaran hanya butuh waktu satu minggu.

Klaim tersebut disampaikan Donny Susilo saat diwawancarai, Rabu (12/5/2021). Walaupun begitu, menurut dia, buku ini tetap memberikan pemaparan yang lengkap mulai dari pemasaran tradisional, pemasaran digital, pemasaran merek, riset pemasaran dan membuat rencana pemasaran. 

Berkecimpung di dunia business consulting selama lebih dari 5 tahun, membuat Donny memiliki pengalaman kerja nyata di bidang pemasaran yang telah dibagikan kepada pembaca lewat bukunya tersebut, 

“Jadi buku ini ditulis berdasarkan dari pengalaman pribadi saya juga sebagai konsultan. Selain itu juga ada banyak contoh-contoh aplikasi pemasaran dari perusahaan ternama di Indonesia yang turut disertakan di dalam buku tersebut agar membuat pembaca paham bagaimana mengaplikasikannya,” kata Donny.

Selanjutnya, dijelaskan oleh beliau bahwa pemilihan judul MIAW adalah sebagai aplikasi dari teknik branding terhadap buku tersebut. Judul MIAW lebih mudah diingat dan memiliki brand personality yang mewakili kaum hawa, pasalnya kaum hawa telah banyak yang bekerja di bidang marketing sekarang ini, belum lagi berapa banyak dari mereka yang menjual barang secara online. 

“Mereka sebenarnya sangat ingin belajar marketing oleh karena itu, buku ini dibuat agar dapat menarik perhatian mereka dan memberitahukan kepada publik bahwa belajar pemasaran itu tidak harus dengan cara yang membosankan, judul tersebut juga memiliki brand association, ketika kita mendengar suara kucing MIAW, apa yang kita ingat? tentu buku saya. Jadi ini adalah sebuah teknik branding, jika kita memang ahli di bidang pemasaran, mengapa tidak kita buktikan dengan menerapkan ilmu tersebut untuk membuat point of uniqueness terhadap buku kita sendiri?,” Ujar Donny.

Buku it’s my MIAW (Marketing In A Week) kini telah ada di toko-toko buku baik offline maupun online di seluruh Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau. 

Donny mengatakan bahwa buku ini dipasarkan khusus untuk dapat menjangkau semua kalangan masyarakat, karena beliau yakin dengan potensi yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Begitu banyak produk dan jasa yang sangat prospektif di pasaran, namun permasalahannya adalah kurangnya ilmu pemasaran sehingga kemudian bisnis tersebut menjadi gagal atau kurang berhasil. Kemudian, beliau mengatakan bahwa kesuksesan adalah hak dari semua orang, jadi semua berhak membeli bukunya tersebut.

Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa ilmu pemasaran ini tidak lama lagi akan menjadi softskill yang sangat dibutuhkan karena dalam rangka pemulihan ekonomi, pemerintah berusaha untuk meningkatkan investasi asing secara besar-besaran. Oleh karena itu, akan banyak sekali perusahaan asing baru di Indonesia nanti, untuk memasarkan produknya di Indonesia, mereka butuh pemasar dari Indonesia, orang-orang yang paham akan negaranya sendiri, hal ini menjadikan peluang untuk bekerja sebagai marketer akan meningkat tajam kedepannya. 

“Ilmu marketing akan dibutuhkan dimana-mana, mungkin produksi dapat digantikan dengan mesin, namun marketer tidak dapat digantikan dengan mesin, sampai kapanpun kita butuh manusia untuk mempengaruhi manusia lainnya agar mau berbisnis dengan kita”, tutup Donny. (@ii).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.