Jadi Tuan Rumah Silaturahmi BUMD Air Minum se-Jawa Timur, Tugu Tirta Panen Apresiasi

Jadi tuan rumah silaturahmi BUMD Air Minum se- Jawa Timur, Tugu Tirta panen apresiasi. (Sumber Humas Tugu Tirta)
Jadi tuan rumah silaturahmi BUMD Air Minum se- Jawa Timur, Tugu Tirta panen apresiasi. (Sumber Humas Tugu Tirta)

MALANG (Surabayapost.id) – Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang mendapat apresiasi tinggi dari Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PD Perpamsi) Jawa Timur, karena dinilai berhasil menggelar Silaturahmi BUMD Air Minum se-Jatim, Rabu (25/9/24).

Sebanyak 38 direktur BUMD Air Minum hadir dalam kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Pusat Tugu Tirta tersebut.

“Kami apresiasi Dirut Tugu Tirta dan segenap jajarannya atas sambutan sehangat ini. Melalui kegiatan silaturahmi ini kita semua jadi bisa bertemu, saling koordinasi dan bersinergi membahas berbagai isu permasalahan untuk mendapatkan solusi terbaik,” ungkap Ketua PD Perpamsi Jatim, Syamsul Hadi, S.Sos, MM.

Syamsul memuji terobosan Perumda Tugu Tirta di bidang teknologi informasi, sehingga membuat perusahaan air minum milik Pemerintah Kota Malang tersebut berkembang pesat menjadi salah satu BUMD terbaik di tanah air.

“Kemajuan teknologi yang dikembangkan Tugu Tirta sangat membanggakan. Tentunya ini membantu dalam pengelolaan perusahaan. Semoga bisa diterapkan dan dikembangkan pula di BUMD lain se-Jawa Timur. Tujuannya agar kita maju bersama, sesuai jargon seduluran saklawase,” lanjut Syamsul.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MT mewakili Pj Walikota Malang, menyampaikan selamat datang kepada Pengurus PD Perpamsi Jatim & seluruh direktur BUMD air minum yang hadir.

“Atas nama Pemerintah Kota Malang, kami berharap kegiatan ini menjadi momentum penguatan sinergitas antara seluruh BUMD Air Minum di Jawa Timur, yang muaranya demi optimalisasi pelayanan air minum bagi masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat berjuang bagi para ‘tukang ledeng’ yang menjadi peserta diklat training of trainer, diklat manajemen air minum tingkat madya angkatan III serta diklat dan pelatihan Satuan Pengawas Internal yang diselenggarakan oleh PD Perpamsi Jawa Timur.

Erik mengatakan, komitmen bersama untuk terus berinovasi, berkembang dan bersinergi, menjadi kunci BUMD air minum untuk menjawab tantangan di tengah tingginya tuntutan pelayanan dari pelanggan yang heterogen, semakin kritis dan mendambakan pelayanan prima akan kebutuhan air hingga ke kran sambungan rumah.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo, SE, S.Sos, MM menambahkan, tantangan lainnya adalah semangat konservasi lingkungan yang terus digaungkan. Hal itu demi menjaga kelestarian sumber mata air sebagai sumber kehidupan.

“Kontinyuitas distribusi dan keandalan layanan dari air perpipaan menjadi kebutuhan yang mutlak untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Artinya, BUMD air minum punya peran besar serta berkontribusi dalam meminimalisir dampak kerusakan lingkungan akibat eksploitasi air permukaan karena pengeboran sumur dangkal,” beber Priyo.

Pada waktu bersamaan, Priyo juga menerima amanah baru sebagai ketua koordinator wilayah PD Perpamsi Jawa Timur Pengganti Antar Waktu Periode Tahun 2024-2026 berdasarkan Surat Keputusan PD Perpamsi Jawa Timur Nomor: 04/ SKEP-PD/ VI/ 2024.

“Sama halnya seperti slogan PD Perpamsi Jawa Timur, yakni Sakduluran Saklawase , dengan sinergitas yang solid bisa meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan, maka kami berharap dari kegiatan ini membuat PD Perpamsi Jawa Timur beserta seluruh anggotanya makin solid, saling bersinergi untuk mengarah kemajuan yang positif, serta mencapai hasil terbaik untuk menorehkan prestasi & kinerja pelayanan yang memuaskan,” tandasnya.

Untuk menggapai target kemajuan bersama, Priyo beserta segenap jajaran di Perumda Tugu Tirta mengaku siap melakukan konsultasi dan pendampingan, melakukan transfer knowledge dengan BUMD air minum lain melalui Total System Solutions (ToSS) Tugu Tirta. (**)