Debat Publik Paslon “Mbatu SAE” Siap Adu Visi Misi dan Program Bangun Kota Batu

Paslon Walikota dan Wakil Walikota Batu nomor urut 1, Nurochman dan Heli Suyanto (Ist)
Paslon Walikota dan Wakil Walikota Batu nomor urut 1, Nurochman dan Heli Suyanto (Ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Nurochman – Heli Suyanto (NH) dari “MBatu SAE” siap menghadapi debat publik adu visi, misi dalam kontestasi politik Pilkada Kota Batu.

Debat publik pertama yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu pada Senin 21/10/2024 malam nanti.

Paslon NH “MBatu SAE” tengah mempersiapkan materi visi, misi yang matang, bakal mereka sampaikan dalam debat bertema nanti, mengenai Pariwisata, Lingkungan, dan Agraria. Debat tersebut bakal dihelat di Hotel Golden Tulip Kota Batu, pada Senin (21/10/2024).

Seperti diketahui Paslon dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra merupakan putra bumi Kota Batu ini, mengusung Nawa Bhakti Utama, sembilan poin visi-misi yang diyakini mampu membawa perubahan positif bagi Kota Batu.

“Kami percaya bahwa sembilan “Nawa Bhakti” ini dapat memberikan solusi atas masalah – masalah mendasar yang dihadapi masyarakat Kota Batu saat ini,” ujar Nurochman, Senin (21/10/2024).

Dengan pengalaman selama menjabat di DPRD Kota Batu, menurutnya Ia, yakin bahwa gagasan tersebut relevan dan realistis.

Sementara Heli Suyanto, calon Wakil Wakil Walikota Batu, mengaku dalam menghadapi debat nanti, Ia tidak melakukan persiapan khusus.

“Debat ini bagi saya adalah tentang gagasan dan visi-misi yang sudah lama kami gali dari masyarakat. Kami mendengar langsung aspirasi warga dan menjadikannya landasan program yang kami usung,” kata Heli.

Ini kata dia, visi, misi yang di tawarkan, mencerminkan harapan masyarakat Kota Batu dan merupakan hasil dari masukan yang mereka terima selama kampanye.

Oleh karena itu, MBatu SAE menekankan pentingnya menjaga etika dan keharmonisan selama debat berlangsung.

“Kami berharap semua Paslon dapat menyajikan visi, misi dengan baik tanpa saling menjatuhkan. Kreativitas dalam debat sangat diperlukan, namun tetap harus santun dan menjunjung etika. Kami ingin agar debat ini menjadi ajang edukasi politik yang positif bagi masyarakat,” harapnya.

Sisi lain, menurut Heli terkait tema debat yang akan dibahas tentang isu-isu Pariwisata, Lingkungan, dan Agraria,
Pihaknya mengaku telah siap.

“Kami sudah lama memikirkan program-program dalam visi-misi kami berdasarkan masukan dari masyarakat. Tidak ada target khusus dalam debat ini, yang penting adalah menyampaikan gagasan yang telah kami susun dengan baik,” ujarnya.

Dengan pengalaman sebagai mantan anggota legislatif, Paslon NH merupakan petahana sama – sama kembali sebagai Anggota DPRD Kota Batu periode 2024 – 2029 ini, yakin bakal menguasai jalannya debat nanti.

Meski begitu dengan kerendahan hati mereka, doa restu dan dukungan masyarakat Kota Batu menurutnya jadi penentu berlangsungnya perubahan Kota Batu ketika mendapat amanah dari warga batu.

“Kami memohon doa restu dari masyarakat agar berlangsungnya debat pertama ini berjalan lancar dan menjadi langkah awal yang baik bagi masa depan Kota Batu. Semoga masyarakat bisa melihat dan menilai sendiri gagasan yang kami tawarkan untuk mewujudkan Kota Batu yang lebih baik, “Langkung Sae,” ucapnya.

Untuk itu, MBatu SAE berharap debat ini tidak hanya menjadi ajang adu program, tetapi juga momen untuk masyarakat Kota Batu lebih mengenal visi-misi setiap Paslon. Dengan begitu menurut Heli masyarakat bisa menilai dan dapat memilih pemimpin yang tepat dan mampu menjawab kebutuhan warga.

Sekedar menginformasikan dalam debat publik tiga Paslon Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu nanti jadwalnya mulai pukul 19.00 WIB.Tema yang diangkat pada sesi pertama adalah “Lingkungan, Agraria, dan Pariwisata.

Topik ini dipilih mengingat Kota Batu dikenal sebagai kawasan wisata unggulan yang juga memiliki potensi pertanian dan permasalahan lingkungan yang perlu mendapat perhatian Paslon terpilih pada 2024 – 2029 mendatang.

Selanjutnya pada sesi kedua dijadwalkan berlangsung pada 6 November 2024, debat akan mengusung tema Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pertanian dan Perlindungan Anak.

Tema ini dipilih agar paslon dapat memaparkan rencana konkret mereka dalam mendukung pembangunan daerah yang berkelanjutan dan melindungi kelompok rentan, terutama anak – anak.

Untuk diketahui dalam debat ketiga Paslon nanti, yakni Nurochman – Heli Suyanto nomor urut 1, lantas Palon Firhando Gumelar – H.Rudi nomor urut 2, dan Krisdayanti – Dewa nomor urut 3, mereka bakal beradu visi,misi dan konsep bangun Kota Batu kedepan.

Dengan berlangsung debat para Paslon nanti, selain menakar dirinya dalam beradu visi, misi dan program untuk Kota Batu kedepan, tentu masyarakat bakal menilai sejauh mana ketegasan para Paslon bakal teruji dalam debat penyampaian visi,misi dan program yang mereka bawa dalam pertempuran politik.
(Gus).