Wali Kota Malang Apresiasi Peluncuran TANIA, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis AI dari Tugu Tirta

Wali Kota Malang Apresiasi Peluncuran TANIA, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis AI dari Tugu Tirta, Rabu (27/8/2025).
Wali Kota Malang Apresiasi Peluncuran TANIA, Inovasi Pelayanan Publik Berbasis AI dari Tugu Tirta, Rabu (27/8/2025).

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang baru saja meluncurkan aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA), Rabu (27/8/2025). Kehadiran TANIA menandai langkah maju dalam pelayanan publik yang semakin modern, responsif, dan dekat dengan pelanggan.

TANIA dirancang sebagai mitra digital yang mampu belajar dan beradaptasi dengan pola pertanyaan pelanggan. Dengan dukungan teknologi AI, pelanggan bisa mendapatkan jawaban instan sesuai kebutuhannya. TANIA siap melayani pelanggan selama 24 jam penuh, setiap hari, untuk pengecekan tagihan, tata cara pengajuan sambungan baru, hingga pelaporan gangguan aliran.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo, SE, S.Sos, MM, menegaskan bahwa kehadiran TANIA merupakan wujud nyata komitmen perusahaan untuk selalu berinovasi. “Kami ingin memastikan pelanggan semakin mudah berinteraksi dengan Tugu Tirta. Tidak hanya soal layanan teknis, tapi juga akses informasi yang cepat, tepat, dan transparan,” ujarnya.

Walikota Malang, Wahyu Hidayat didampingi Dirut Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo memberikan keterangan kepada wartawan
Walikota Malang, Wahyu Hidayat didampingi Dirut Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo memberikan keterangan kepada wartawan

Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, mengapresiasi langkah inovatif Tugu Tirta dan berharap perangkat Organisasi Pemerintah Daerah lainnya dapat mencontoh model pelayanan ini untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. “Respon dan pelayanan makin cepat tetapi hemat sumber daya untuk mendukung Dasa Bakti Program Unggulan Walikota Malang yaitu Ngalam Nyaman,” tegasnya.

Ketua Umum Perpamsi, Ir. Arif Wisnu Cahyono, ST, juga memberikan apresiasi khusus karena Tugu Tirta menjadi BUMD Air Minum pertama yang adaptif dengan pemanfaatan kecerdasan buatan untuk konsen pada pelayanan prima pada pelanggan.

Aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA) yang baru saja diluncurkan
Aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA) yang baru saja diluncurkan

Kehadiran TANIA menjadi bukti bahwa BUMD bisa sejajar dengan perusahaan-perusahaan besar dalam mengadopsi teknologi terbaru. Langkah berani Tugu Tirta ini diharapkan dapat menginspirasi BUMD lain untuk ikut bertransformasi digital dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan TANIA, Perumda Tugu Tirta kembali membuktikan diri sebagai pionir dalam pelayanan publik yang modern dan responsif. (lil).

Baca Juga:

  • Tugu Tirta Kembali Hidupkan Sungai Wendit: Pengerukan Besar-besaran untuk Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Air
  • Pemkot Malang dan Tugu Tirta Pecahkan Rekor MURI dengan Anjungan Air Siap Minum di Porprov IX Jatim 2025
  • Sukses Kembangkan BUMD, Wali Kota Malang Raih Penghargaan Nasional Pertama di IWWEF 2025
  • Komisi A DPRD Jatim, Sebut Anjungan Air Siap Minum Tugu Tirta Layak Jadi Percontohan