
MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang baru saja meluncurkan aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) bernama Tugu Tirta Asisten Informasi dan Aduan (TANIA), Rabu (27/8/2025). Kehadiran TANIA menandai langkah maju dalam pelayanan publik yang semakin modern, responsif, dan dekat dengan pelanggan.
TANIA dirancang sebagai mitra digital yang mampu belajar dan beradaptasi dengan pola pertanyaan pelanggan. Dengan dukungan teknologi AI, pelanggan bisa mendapatkan jawaban instan sesuai kebutuhannya. TANIA siap melayani pelanggan selama 24 jam penuh, setiap hari, untuk pengecekan tagihan, tata cara pengajuan sambungan baru, hingga pelaporan gangguan aliran.
Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo, SE, S.Sos, MM, menegaskan bahwa kehadiran TANIA merupakan wujud nyata komitmen perusahaan untuk selalu berinovasi. “Kami ingin memastikan pelanggan semakin mudah berinteraksi dengan Tugu Tirta. Tidak hanya soal layanan teknis, tapi juga akses informasi yang cepat, tepat, dan transparan,” ujarnya.

Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, mengapresiasi langkah inovatif Tugu Tirta dan berharap perangkat Organisasi Pemerintah Daerah lainnya dapat mencontoh model pelayanan ini untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. “Respon dan pelayanan makin cepat tetapi hemat sumber daya untuk mendukung Dasa Bakti Program Unggulan Walikota Malang yaitu Ngalam Nyaman,” tegasnya.
Ketua Umum Perpamsi, Ir. Arif Wisnu Cahyono, ST, juga memberikan apresiasi khusus karena Tugu Tirta menjadi BUMD Air Minum pertama yang adaptif dengan pemanfaatan kecerdasan buatan untuk konsen pada pelayanan prima pada pelanggan.

Kehadiran TANIA menjadi bukti bahwa BUMD bisa sejajar dengan perusahaan-perusahaan besar dalam mengadopsi teknologi terbaru. Langkah berani Tugu Tirta ini diharapkan dapat menginspirasi BUMD lain untuk ikut bertransformasi digital dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan TANIA, Perumda Tugu Tirta kembali membuktikan diri sebagai pionir dalam pelayanan publik yang modern dan responsif. (lil).