Apa yang Membuat Vespa Matic Banyak Diburu? Ini Lho 8 Alasannya

29 September 2021 - 15:56 WIB
Ilustrasi; sumber: motorplus-online.com

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Vespa. Begitulah nama merek kendaraan bermotor asal Italia ini. Si kecil satu ini sering bikin heran orang awam yang tidak mengerti tentangnya. Mereka yang heran sering bertanya-tanya: kenapa harga Vespa bisa sangat mahal padahal ukurannya kecil. Meski begitu, kenapa ya masih banyak yang membeli Vespa? Bahkan, penggemar Vespa tidaklah segmented. Semua kalangan, baik kakek-nenek, bapak-ibu, hingga anak muda pun  menjadi penggemar Vespa. 

Di tahun 2021 saja, Vespa kembali diburu. Model Vespa Matic menjadi yang paling banyak dipilih. Seiring dengan semakin populernya Vespa Matic, Komunitas-komunitasnya pun semakin bermunculan. Well, Bagi Anda yang mungkin belum paham dunia per-vespaan, mungkin merasa aneh dengan fenomena ini. Namun, setelah Anda membaca kelebihan Vespa Matic berikut ini, Anda akan maklum kenapa si mini ini banyak digandrungi.

1. Bahan Vespa Matic Bukan Kaleng-Kaleng

Berbeda dengan motor matic pada umumnya, Vespa Matic menggunakan bodi yang berasal dari besi tebal. Material besi ini tentu membuat Vespa tidak mudah penyok meskipun terbentur kayu atau tembok. Tentu saja, ini membuat Anda jadi lebih tenang saat berkendara.

Namun, mengingat bahan yang digunakan pada Vespa Matic adalah besi, membuat Anda harus ekstra membersihkannya. Jangan sampai Vespa basah dalam jangka waktu yang lama. Material besi yang digunakan tentu membuat Vespa rentan keropos bila terkena air. Meski begitu, bagi Anda yang rajin mengelus-elus Vespa tentu hal ini bukan jadi masalah besar.

2. Bentuk Bodi Vespa Menjaga si Penumpang

Vespa tidak mendesain motornya mirip dengan motor pabrikan Jepang. Desainnya yang unik serta melebar ke samping punya keuntungan bagi penumpang. Dengan begini, Anda tidak perlu takut jatuh ketika keseimbangan tidak sedang bagus.

Bisa jadi desain melebar ini menyesuaikan dengan kaki orang Italia yang tinggi. Vespa pun tidak merubah bentuk bodinya saat masuk ke pasar asia. Desain yang original ini malah membuat banyak orang menggandrungi Vespa.

3. Cocok Untuk Investasi

Kebanyakan kendaraan roda dua, khususnya matic bernilai liabilitas sehingga tidak cocok untuk investasi. Harga motor matic pada umumnya saja semakin turun sehingga tidak bagus untuk dijual. Namun, perlu Anda tahu kalau hal ini tidak berlaku pada Vespa Matic. 

Justru, semakin lama Vespa Matic disimpan, harga jualnya akan semakin naik. Bila Anda menjual Vespa Matic kembali, tidak akan terlalu rugi karena harga jualnya tidak terlalu jauh jaraknya dari harga beli.

Malahan, untuk edisi yang dijual terbatas, nilai jualnya bisa ratusan kali lipat. Contoh Vespa bagus yang dijual untuk kalangan tertentu adalah Vespa Dior. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki Vespa ini. Mengingat harga Vespa Matic Dior yang mahal, yaitu Rp 1,35 M, menjadikan seri ini sangat eksklusif.

4. Bagasi Vespa yang Luas

Bodi Vespa yang melebar membuatnya muat dimasuki apa saja. Anda bisa menjadikan Vespa sebagai motor touring karena kelebihan ini. Berbagai macam barang-barang pun akan muat, termasuk diantaranya jas hujan serta pakaian ganti. So, dengan begini Anda tidak perlu bawa koper maupun tas tambahan untuk dibawa berpergian.

5. Bagus Untuk Pemula yang Baru Belajar Motor

Bahan Vespa yang terbuat dari besi menjadikan motor asal Italia ini jadi lumayan berat saat dinaiki. Bagi sebagian orang, justru hal ini merupakan nilai plus tersendiri. Mereka yang pemula akan semakin mudah mengendarai motor lain saat sudah bisa menunggangi Vespa. Namun, belum tentu mereka yang sudah berhasil mengendarai motor lain akan lancar juga menaiki Vespa.

6. Komunitas yang Menjamur

Seiring semakin populernya Vespa, motor asal Italia ini melahirkan jutaan komunitas di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Anda Bisa temukan komunitas Vespa yang pasti ada di setiap provinsi.

Selain menambah ilmu di dunia Vespa, Anda juga akan memperoleh teman baru dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Seringkali teman-teman baru ini akan memberikan bantuan ketika Anda sedang kesusahan. Berawal dari hobi, komunitas Vespa akan memberikan Anda suasana dan keluarga baru. 

7. Menambah Nilai Gengsi

Harga Vespa yang bisa dibilang tidak murah memang jadi salah satu kebanggan tersendiri. Mereka yang mampu membeli Vespa bisa dikatakan orang yang cukup sukses. Apalagi, kalau Anda mampu beli Vespa dengan kondisi baru, maka orang-orang akan lebih respek. Utamanya, bagi Anda yang bergabung di dalam sebuah komunitas, menaiki Vespa terbaru menjadikan Anda semakin populer diantara anggota yang lainnya.

8. Tempat Servis yang Mudah Ditemukan

Saat ini, semakin menjamur bengkel khusus Vespa matik dengan montir-montir yang berpengalaman. Merebaknya bengkel Vespa ini menjadi salah satu alasan semakin banyaknya orang membeli Vespa.

Sedikit informasi, dulunya amat jarang bengkel motor yang ahli di bidang Vespa. Akhirnya, banyak orang yang mengurungkan membeli Vespa karena harga sparepartnya yang mahal. Selain itu, biaya pasang yang mahal pada saat itu terjadi karena masih banyak montir yang awam dengan Vespa.

Nah, melihat banyaknya kelebihan yang ada pada Vespa, apakah Anda tertarik menjadikannya salah satu motor impian di tahun ini? Jangan khawatir, meskipun harganya lumayan mahal, namun Anda bisa mendapatkannya dengan cara ambil cicilan. Di Blibli, Anda bisa dapatkan Vespa Matic impian harga murah dengan berbagai warna yang Anda inginkan.

Sekarang, membeli motor Vespa bisa dibeli secara online via marketplace. Cukup bayar dengan satu kali klik, Tunggu hingga barang datang ke rumah Anda. Pengiriman telah terproteksi oleh Blibli sehingga motor Anda akan sampai dengan aman. (@ji)