BCA Bantu Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Senilai Rp 14 Miliar

11 June 2020 - 07:16 WIB
Kepala KCU BCA Malang Chen Lin Andrew (kiri) didampingi oleh KOC KCU BCA Malang Anita Wijayanti (kanan) memberikan donasi secara simbolis kepada Ketua RT 1/RW 6 Kelurahan Klojen Malang Suwito (tengah) di Malang.

MALANG (SurabayaPost.id) – Komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam berkontribusi mencegah dan menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19 patut diapresiasi. Sebab sebagai bagian dari perbankan nasional, BCA memberikan bantuan senilai Rp 14 miliar.

Bantuan sebesar Rp 13 miliar diberikan kepada sejumlah rumah sakit rujukan/fasilitas kesehatan, pemerintah dan berbagai lembaga/organisasi independen. “Sedangkan yang yang Rp 1 miliar diberikan pada warga terdampak Covid-19,” kata Kepala KCU BCA Malang Chen Lin Andrew didampingi KOC KCU BCA Malang Anita Wijayanti, Kamis (11/6/2020).

Dijelaskan dia bila bantuan sebesar Rp 1 miliar itu dirupakan 10 ribu paket Sembako. Paket sembako tersebut diberikan pada warga terdampak Covid-19 di Indonesia. Termasuk di wilayah Malang.

Untuk wilayah Malang, donasi tersebut diberikan secara simbolis oleh Kepala KCU BCA Malang Chen Lin Andrew didampingi KOC KCU BCA Malang Anita Wijayanti kepada Ketua RT 1/RW 6 Kelurahan Klojen Malang Suwito di Malang.

Menurut Chen Lin Andrew, hal itu sebagai bentuk empati dan solidaritas bagi masyarakat yang secara khusus terkena dampak ekonomi dari pandemi ini. “Makanya, kata dia, Insan BCA (karyawan) & Bakti BCA menginisiasi penggalangan dana secara internal,” jelas dia, Jumat (12/6/2020).

Dana tersebut menurut dia dikumpulkan dari bulan April-Mei 2020. Dana yang berhasil dikumpulkan untuk membantu warga terdampak Covid-19 itu sebesar Rp 1 miliar.

“BCA mencermati bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia harus ditanggapi dengan serius. Untuk itu, BCA turut membantu perjuangan pemerintah dan tenaga medis dalam menanggulangi pandemi ini. Semangat membantu sesama juga diterapkan oleh Insan BCA di seluruh Indonesia dengan menggalang donasi dalam rangka membantu masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19,” ujar Andrew.

Dana donasi yang terkumpul sebesar Rp1 miliar itu dikonversikan menjadi 10.000 paket sembako. Itu berisikan bahan-bahan makanan pokok seperti beras, mie instan, kecap, minyak goreng, kornet, sarden dan tidak ketinggalan alat kebersihan diri seperti sabun dan masker kain.

Paket tentunya dikemas secara menarik dalam satu goodie bag yang juga berisikan materi edukasi infografis tindakan pencegahan Covid-19. Donasi itu kata dia dibagikan secara bertahap ke 12 Kantor Wilayah BCA yang tersebar di seluruh Indonesia serta KCU Aceh dan KCU Jayapura.

Selama pembagian donasi tersebut, menurut dia, tetap memperhatikan berbagai aspek protokol kesehatan. Itu sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah dan WHO.

“Semoga segala upaya yang kami lakukan secara konsisten dan terpadu dalam rangka membantu pemerintah, tenaga medis, dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi Covid-19 berdampak besar bagi pemulihan Indonesia. Mari kita bersama-sama berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan anjuran pemerintah seperti social & physical distancing dan selalu menjaga kebersihan diri,” tutup Andrew. (aii)