Berkolaborasi Atasi Pandemi COVID-19, Danamon Hadirkan Rumah Sakit Darurat

10 August 2021 - 10:52 WIB
Serah terima RSD dan peralatan pendukung kesehatan lainnya dari Danamon diwakili oleh Abdul Hadi, Sustainability Finance Head Bank Danamon kepada dr. Tri Novianti M.A.R.S, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih.

Komitmen Danamon untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendukung penanggulangan COVID-19, salah satunya melalui pendirian fasilitas kesehatan

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 yang signifikan menyebabkan kebutuhan layanan fasilitas kesehatan bagi pasien terkonfirmasi positif juga besar. Sedangkan tingkat ketersediaan ruangan di setiap rumah sakit sangat terbatas. 

Untuk itu PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dalam rangkaian acara peringatan hari jadinya yang ke 65 tahun, melalui Danamon Peduli berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa mendirikan Rumah Sakit Darurat.  Itu untuk membantu penanganan pasien COVID-19. 

Rumah Sakit Darurat tersebut didirikan di tiga Rumah Sakit rujukan COVID-19.  Di antaranya RSUD Taman Sari Jakarta Barat, RSUD Budhi Asih Jakarta Timur dan Rumah Sakit Polri Sukanto. 

Rumah Sakit Darurat itu dilengkapi juga dengan peralatan sesuai dengan standar Rumah Sakit, serta kebutuhan kesehatan darurat lainnya, seperti mesin monitor pasien, toilet portable, Air Conditioner portable, cairan infus, Alat Pelindung Diri (APD), paket kesehatan vitamin, kursi roda dan sarana pendukung lainnya. 

Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon, Herry Hykmanto mengatakan,  “Kami ingin menyampaikan empati yang sedalam-dalamnya terutama bagi pasien yang terpapar COVID-19 dan keluarga yang terdampak. Melalui inisiatif bersama ini, kami ingin seluruh pasien yang membutuhkan penanganan medis bisa segera mendapatkan akses layanan kesehatan secara cepat dan tepat. Berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, kami berharap Rumah Sakit Darurat ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan dapat membantu Pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19 di Indonesia,” harap dia. 

Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa juga menambahkan bahwa masih banyak masyarakat terdampak COVID-19 yang membutuhkan fasilitas kesehatan. Itu mulai dari obat-obatan, vitamin, hingga ruang rawat inap intensif. 

Arief Wibisono, Community Development Program Manager Danamon menyerahkan donasi secara simbolik kepada  perwakilan RS Polri KombesPol Drs. Pancama Putra Hadi Wahyana, Apt. M.A.R.S., Kepala Bagian Perencanaan dan Administrasi dan Bambang Sunarjo; Kepala Instansi Sarana dan Prasarana (KIPS) didampingi oleh Herdiansyah, Direktur CSR Dompet Duafa.

“Kolaborasi Danamon dengan menggandeng berbagai pihak, merupakan upaya untuk saling bahu membantu banyak orang di masa pandemi ini,” jelas dia. 

Danamon sebagai bagian dari masyarakat, kata dia, juga turut berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui bantuan asuransi perlindungan terhadap para relawan COVID-19 dari risiko jaminan kematian dan kecelakaan kerja. 

Berkolaborasi bersama Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) dan BPJamsostek sebagai pengelola, bantuan asuransi ini meliputi: Biaya perawatan dan pengobatan, transportasi, Sementara Tidak mampu Bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi, serta bantuan beasiswa.

Selama masa pandemi, menurut dia,  Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung pemerintah dengan menyerukan gerakan kampanye “Positivity Saves Lives” yang merupakan kampanye dengan melibatkan peran nasabah dan masyarakat dalam menyediakan 11.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat dan didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Abdul Hadi, Sustainability Finance Head Danamon didampingi rekan-rekan relawan dari Divisi Employee & Industrial Relation Bank Danamon menyerahkan donasi RSD beserta peralatan pendukung kesehatan kepada  dr. Herni Lestyaningsih, M.A.R.S., Direktur RS Taman Sari.

“Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring. Danamon bersama MUFG, Adira Finance, dan institusi terkait juga telah mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan lebih dari 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pengemudi transportasi daring, masyarakat lanjut usia, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut,” tutur dia.  

Selain itu, lanjut dia,  sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, yang diantaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara yang berupa program fasilitas sanitasi dan sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan. 

Karena itu dia yakin kolaborasi Danamon dengan berbagai pihak memberikan semangat yang baru bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. “Danamon percaya, bersama kita bisa tumbuh lebih cepat dan lebih jauh. Semangat kolaborasi ini juga mendapatkan apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan pada Maret lalu, berupa penghargaan sebagai Lembaga usaha yang terlibat aktif dan konsisten dalam penanggulangan bencana,” pungkasnya. (Lil)