DPRD Kota Batu Usulkan 3 Calon Pj Walikota Batu, Ini Nama – Namanya

17 November 2022 - 19:13 WIB
Rapat Paripurna usulan nama calon pejabat Walikota Batu
Rapat Paripurna usulan nama calon pejabat Walikota Batu

BATU (SurabayaPost.id) – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu gelar rapat usulan 3 nama calon Pejabat (Pj) Walikota Batu,di Ruang Paripurna DPRD Batu, Kamis (17/11/2022).

Dari tiga nama Pj Walikota Batu pada  2024 tersebut, merupakan usulan masing – masing fraksi yang ada di 
DPRD Kota Batu, dan sekaligus diumumkan secara resmi.

1, Dr.Ir, Wahyu Hidayat, MM, sekarang menjabat sekertaris daerah (Sekda) Kabupaten Malang. 
2, Dr.Hudiyono, M.Si, selalu Kepala Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jatim.
3, Drs.Zadiem Efisfisiensi,M.Si, saat ini di Sekda Kota Batu.

Dari ketiga kandidat Pj Walikota Batu 2024 mendatang, nantinya bakal diusulkan pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terkait usulan tiga nama tersebut, menurut Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi pihaknya sudah melaksanakan rapat pemeringkatan dari semua fraksi yang ada untuk di usulkan pada Kemendagri sebagai calon Pj Walikota Batu.

“Hasil usulan tersebut sudah mendapat tiga nama. Zadiem saat ini menjabat Sekda Kota Batu, Wahyu Sekda Kabupaten Malang, dan Hudiyono Kepala Diskominfo Jatim,” ungkapnya.

Ini, ungkap dia, bakal segera dibawa ke Kemendagri bersama tiga usulan Pemrov Jatim termasuk tiga usulan lagi dari Kemendagri sendiri, untuk itu, menurutnya terdapat sembilan nama yang akan dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA).

“Alhamdulilah pada hari ini, terjadilah rapat usulan yang sama – sama tau, dan sudah kita jelaskan bahwa usulan ke tiga nama ini berangkat dari masing – masing fraksi yang ada di DPRD Kota Batu,”papar dia.

Ketika disinggung terkait munculnya  nama – nama tersebut seperti apa mekanismenya? 

“Jadi awalnya yang melakukan komunikasi masing – masing fraksi.
Kalau di kita hanya merekam dan menyampaikan seperti apa.Setelah ini langsung kita kirim pada Kementrian karena terakhir pada;18 November besuk.Karena masing – masing fraksi sudah menyepakati tiga nama tesebut, artinya ini tidak perlu di komunikasikan lagi,” timpalnya.

Sekadar diketahui, masa jabatan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bakal berakhir Desember 2022.

Berikutnya Kota Batu akan dipimpin penjabat Pj Walikota kurang lebih selama dua tahun atau terpilihnya 
Wali Kota definitif.(Gus)