Dukung Implementasi MBKM, Unidha Laksanakan Program KMMI

27 November 2021 - 16:54 WIB
Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang, Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H MH memberikan cinderamata kepada pengajar dalam pelaksanaan program KMMI

MALANG (SurabayaPost.id) – Universitas Wisnu Wardhana (Unidha) Malang melaksanakan program pelengkap pembelajaran bertajuk Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI).  Program tersebut  digelar di Hotel Ubud Malang, Sabtu (27/11/2021). 

Program KAMI itu sebagai upaya peningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di dunia kerja dan industri, sekaligus mendukung implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang, Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H MH menerangkan, KMMI

sebagai aktualisasi dan referensi materi dalam dunia kerja dan Industri.

“KMMI salah satu kegiatan Merdeka Belajar. Melibatkan Bidang Pendidikan Tinggi (Dikti). Diikuti 85 Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia,” terang Prof Suko, saat memberikan sambutan, dalam penutupan program KMMI Tahun 2021, Universitas Wisnuwardhana, Sabtu (27/11/2021) di Hotel Ubud, Kota Malang.

Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang, Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H MH pose bersama para pengajar dalam pelaksanaan program KMMI

Ia menambahkan, melalui  program KMMI ini, mahasiswa memiliki kesempatan belajar di luar kampus. Meningkatkan dan menambah pendidikan softskill dan kemampuan mahasiswa.

“KMMI melengkapi sistem pembelajaran di kelas. Saya berharap, mahasiswa dapat memperoleh kemampuan aktual dan komprehensif yang dibutuhkan dunia kerja,” lanjutnya.

Pelaksanaan program KMMI,  memiliki banyak keuntungan bagi mahasiswa. Salah satunya, kemudahan untuk bisa belajar dari manapun. Membuka peluang bagi mahasiswa, mempelajari jurusan lain yang diminati.

“Untuk saat ini, telah diikuti 280 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Semoga selanjutnya, jumlahnya terus bertambah,” pungkasnya.

Dalam penutupan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Tahun 2021 Universitas Wisuwardhana (UNIDHA) Malang, menghasilkan empat program keahlian.

Keempat program tersebut, Transferable Skill of Entrepreneur Course, Public Sector Financial Reporting Technic (Perfect Course), Practice Supervisory and Managerial Skills, Teknik Perancangan dan Negosiasi Kontrak.

Sementara itu, ketua progam KMMI Unidha, Dr. Abdul Hamid, S. Pd., M. Pd menjelaskan, dengan program tersebut, mahasiswa mendapatkan ilmu baru. Terutama terkait enterpreneur, baik hardskill dan softskill.

“Para pengajarnya, dari para praktisi dan profesional di dunia usaha dunia industri. Sehingga nantinya, para mahasiswa selesai kuliah melaksanakan bakat dan minatnya. Terutama dunia usaha untuk berwirausaha,” jelasnya. (Lil)