Gelar Operasi Yustisi Secara Massif, Sasarannya Pusat Keramaian

1 December 2020 - 19:18 WIB
Kapolres AKBP Catur C Wibowo

BATU (SurabayaPost.id) – Polres Batu bersama TNI, Satpol PP dan BPBD yang tergabung dalam operasi penegakan pendisiplinan protokol kesehatan bakal  menggelar Operasi Yustisi Penegakan Hukum (Prokes) secara masif. Sasarannya beberapa pusat keramaian di Kota Batu.

Hal tersebut, disampaikan  Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, pada saat silaturahmi dengan para awak media yang dihelat di Warung Wareg , Junrejo Kota Batu, Selasa (1/12/2020).

Menurut Kapolres Batu yang sapaan akrabnya Catur, ada dua kegiatan pokok yang dilakukan dalam operasi tersebut.

“Pergerakan personil secara mobile dan stasioner. Pengawasan yang ketat bisa dilakukan oleh tim di titik-titik tempat keramaian dengan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan serta pembagian masker kepada masyarakat,” katanya.

Itu, kata dia, semuanya harus bersinergi antara TNI, Polri dan Pemerintah untuk bersama sama menjaga serta sosialisasi kepada masyarakat. Hal itulah pentingnya menjaga protokol kesehatan.

“Selain itu kesadaran masyarakat juga harus tetap dijaga dalam mematuhi  Protkes,” pesannya.

Meski begitu,menurut dia, juga menyadari, bahwa ada korelasi antara operasi tindakan disiplin dengan tingkat kepatuhan dari masyarakat.

“Makin tinggi operasi disiplin, semakin tinggi pula tingkat kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan,” tegasnya.

Dari sisi lain, terkait pelaksanaan Pilkada serentak di Wilayah Jatim. Khususnya di wilayah Polres Batu, menurutnya telah siap dalam melakukan pengamanan kegiatan tersebut.

“Yang mana ada tiga Kecamatan yang meliputi wilayah Kabupaten  Malang saat ini telah bergabung masuk wilayah Kota Batu , Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon. Untuk itu seluruh personil juga harus siap melakukan deteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya Kamtibmas saat Pilkada berlangsung,” ujarnya.

Itu, ujar dia, sudah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim khususnya di wilayah Kabupaten Malang, dan anggotanya diakui sudah melakukan deteksi dini terhadap kerawanan Kamtibmas saat Pilkada berlangsung.Mengingat,kata dia,Pilkada nantinya dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid–19.

“Kepada seluruh anggota Polres Batu  bahwa Polri wajib netral dalam Pilkada Serentak. Tetap laksanakan sinergitas TNI/ Polri dan Pemerintah, serta penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu,” timpalnya.

Sekadar diketahui, timpal dia, untuk beberapa hari ini menjelang hari pencoblosan pada 9 Desember 2020, menurutnya dari tim Reskrim bekerjasama dengan Humas akan lebih meningkatkan Patroli Cyber jelang Pilkada.

” Dan anggota Polres Batu yang akan melaksanakan PAM TPS akan dilaksanakan Rapid tes terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan para personil Polri,” pungkasnya (lil)