Kelurahan Sisir Gebyar GBSN, Wawali Batu : Saya Bangga Dengan Nilai Tradisi yang Ada

26 June 2022 - 18:21 WIB
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso

BATU (SurabayaPost.Id) – Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso hadir dalam acara Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji (GBSN) menggunakan pakaian adat Madura (Sakera) di Kelurahan Sisir, Sabtu (26/6/2022) malam.

Dalam acara GBSN tersebut, dibanjiri ribuan masyarakat, terpusat di Jalan Diran, Kelurahan Sisir, Kota Batu.Itu, merupakan gerakan untuk menunjukkan jati diri warga Sisir dengan mengangkat kearifan lokal.

Menurut Lurah Sisir, Viara Aria Pranaka, kegiatan
ini adalah bukti bahwa warga Sisir bisa nyawiji (bersatu).

“Ini bukan hanya kegiatan seremonial tapi harus menjadi kegiatan yang berkelanjutan, dengan menunjukkan berbagai kesenian dan potensi yang merupakan jati diri masyarakat sisir,” kata Aria.

Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji dengan menggunakan pakaian sakera (pakaian adat madura)
Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji dengan menggunakan pakaian sakera (pakaian adat madura)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, yang merupakan salah satu warga asli Kelurahan Sisir mengatakan bangga.

“Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji ini telah mengangkat dan menunjukkan nilai – nilai tradisi di Kelurahan Sisir. Saya sebagai masyarakat asli Dukuh Meduran Kelurahan Sisir merasa bangga dengan nilai – nilai tradisi yang ada.Semoga kedepan kita bisa terus melestarikan kebudayaan ini,” harap Punjul.

Kegiatan ini menampilkan berbagai kesenian, dan berlangsung pada Minggu, (27/6/2022) mulai dari Bang Mi’un, bantengan, jaranan, karawitan, pencak silat, reog, sanduk dan dimeriahkan dengan berbagai pameran dan bazar UMKM (gus)