Menekan Penyebaran PMK, Polres Batu Siapkan Posko Penanganan

12 May 2022 - 12:36 WIB
AKBP I Nyoman Yogi Hermawan
AKBP I Nyoman Yogi Hermawan

BATU (SurabayaPost.id) – Mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Polres Batu Siapkan Posko penanganan.

Langkah cepat untuk menekan penyebaran PMK tersebut, diantaranya melakukan pendataan hewan ternak dan para peternak sampai di tingkat desa serta membentuk Posko sebagai sarana pusat pelaporan dan penanganan di Polres Batu. 

Untuk itu, Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, menyampaikan bahwa Kepolisian akan bersinergi dengan Dinas Pertanian untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit PMK pada hewan ternak.

“Kami akan kawal dan selalu berkoordinasi dengan stake holder terkait serta bergerak secara bersama sama guna mengatasi masalah ini,” kata Yogi sapaan akrab kapolres Batu, Kamis, 12/5/2022

Ini, kata dia, akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan daerah untuk pendataan, vaksinasi dan langkah – langkah seperti potong paksa dan penguburan hewan yang sudah mati dengan memberikan disinfektan atau obat-obat pembunuh virus.

“Kami siap membantu Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan setempat untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di Kota Batu,” tegasnya. 

Lantas tegas dia, akan melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK dan dinas peternakan akan memberikan obat/ vaksin.

“Upaya edukasi melalui Polri akan kami gencarkan, Bhabinkamtibmas sebagai petugas di tingkat desa dan juga melalui Humas yang memberikan edukasi melalui media Sosial,” Pungkassnya (gus).