Pj Walikota Batu Banjir Audensi, Begini Pendapat Sejumlah Pimpinan DPRD Kota Batu

26 January 2023 - 11:43 WIB
Nurochman dan Heli Suyanto. (istimewa)
Nurochman dan Heli Suyanto. (istimewa)

BATU (SurabayaPost.id) – Kehadiran elemen masyarakat, melalui audensi terhadap Pj.Walikota Batu Aries Agung Paewai,Wakil Pimpinan I DPRD Kota Batu Nurochman berpendapat bertanda baik atas keterbukaan pimpinan daerah.

Ini disampaikan Cak Nur sapaan akrab Wakil Ketua I pimpinan DPRD Kota Batu ,Kamis (26/1/2023).

“Respon positif melalui kehadiran elemen masyarakat melalui audiensi kepada Pj. Walikota harus dilihat secara proporsional.Ini pertanda baik atas keterbukaan pimpinan daerah, masyarakat merasa nyaman menyampaikan aspirasinya,” kata
Cak Nur.

Terlebih, menurutnya Pj.Walikota yang berlatar belakang birokrat ini dianggap masyarakat akan mampu memperbaiki kinerja pemerintah daerah yang selama ini dianggap terkooptasi kepentingan politik,tidak akomodatif,dab cenderung pasif terhadap kebutuhan – kebutuhan masyarakat.

“Ini adalah momen baik bagi Pj.Walikota untuk terus bersinergi dengan semua elemen masyarakat untuk membangun Kota Batu. Semoga Pj. Walikota mampu menjadi play maker yang baik, mendapat dukungan dari Forkopimda, Sekda dan Kepala OPD, juga mampu menjalin hubungan partnership dengan DPRD,” mintanya.

Terpisah Heli Suyanti Wakil Ketua 2 Pimpinan DPRD Kota Batu, berpendapat tingkat kepuasan pelayanan pemerintah sebelumnya kurang bagus.

“Banyaknya permohonan audensi pada Pj Walikota, menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan pemerintahan yang sebelumnya berati kurang bagus,” kata Heli.

Menurutnya, tingkat kepuasan masyarakat yang minta audensi macam -macam dari berbagai elemen masyarakat.

“Menunjukan tingkat kepuasan masyarakat kurang.Jadi saya mohon pada Pj, dengan Pj sudah definitif semua aspirasi masyarakat ditampung,namun ada skala prioritas yang harus di laksanakan oleh pemerintah daerah,”paparnya.

Karena, papar dia, tidak akan serta merta semua aspirasi harus dijalankan.

“Tapi dirangkum, bagaimana unek – unek masyarakat ditampung dan dipecahkan bersama.Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, namanya pemerintah daerah,ada legislatif,
ada eksekutif, yang namanya mitra, bagaimana kita menyelesaikan permasalahan ini bersama,” tambahnya.

Karena tidak bisa, diselesaikan eksekutif sendiri, kendati itu domennya eksekutif,tapi ini butuh peran politis dari teman – teman anggota legislatif.

‘Ini menunjukkan bagaimana kinerja pemerintah sebelumnya, dan ini hal yang wajar ketika masyarakat tidak puas dengan pemerintah sebelumya.

“Mungkin sekarang ini beliu – beliu menyampaikan unek – unek terlebih, Pj ini sudah berpengalaman bagus.
Saya harap sistem pengelolaan Pemerintahan Kota Batu segera diperbaiki, dan pegawai itu butuh figur seorang Leader,”pungkasnya.(Gus)