Rayakan HUT Bhayangkara, Polresta Makota Gelar Vaksinasi dan Swab Gratis

25 June 2021 - 20:21 WIB
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto meninjau pelaksanaan vaksin bagi pemohon perpanjangan SIM dan pajak STNK serta pemohon SKCK di Stadion luar Gajayana.

MALANG (SurabayaPost.id) – Dalam rangka  menyambut HUT Bhayangkara Polri ke- 75 dan mempercepat program vaksinasi, Polresta Malang Kota berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Mereka  memberikan vaksinasi dan swab antigen secara gratis. 

Kapolresta Malang Kota, AKBP Bhudi Hermanto SIK mengakui hal itu, Jumat (25/6/2021). Menurut dia, vaksinasi dan swab antigen gratis itu diberikan pada masyarakat Kota Malang. 

Di antara mereka disebutkan adalah warga yang mengurus perpanjangan SIM. Selain itu mereka yang membayar pajak kendaraan serta pemohon surat keterangan kelakuan baik (SKCK). Baik itu melalui mobil pelayanan Perpanjangan SIM keliling (Simling) maupun layanan Bis Arema Police Polresta Malang Kota.

Pemberian vaksin dan swab antigen secara gratis kepada masyarakat yang memperpanjang SIM itu perdana dibuka di stadion luar Gajayana Kota Malang. Itu dengan kuota sebanyak 50 orang.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto meninjau pelaksanaan vaksin bagi pemohon perpanjangan SIM dan pajak STNK serta pemohon SKCK di Staion luar Gajayana.

Kapolresta Bhudi Hermanto meninjau langsung pemberian vaksin tersebut. Dia  menyampaikan vaksin yang diberikan bersifat aman dan halal sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang sehingga masyarakat yang ingin memperpanjang SIM, membayar pajak tahunan kendaraan atau membuat SKCK akan mendapatkan fasilitas vaksin ataupun swab antigen secara gratis. Nanti akan dikeluarkan surat vaksin atau swab antigen bagi yang membutuhkan sebagai syarat perjalanan,” ungkap Kapolresta Malang Kota.

Ketika disinggung tentang pemberian vaksin kedua bagi masyarakat yang diberikan vaksin hari ini, AKBP Budi Hermanto SIK menegaskan penerima vaksin akan mendapatkan pemberitahuan dimana lokasi pemberian vaksin kedua nantinya.

“Vaksin ini diberikan satu paket sehingga tidak mungkin kami hanya berikan satu kali saja. Nanti kepada yang sudah disuntik vaksin di sini datanya tentu sudah masuk dan akan kami hubungi kembali untuk datang pada waktu dan tempat yang telah ditentukan guna pelaksanaan pemberian vaksin kedua,” pungkas Kapolresta Malang Kota.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppi Anggi Khrisna menjelaskan program kali ini akan terus berlanjut sebagai bentuk dukungan Polri kepada program vaksinasi yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Kita akan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan kegiatan serupa di waktu-waktu berikutnya mengingat vaksin dan swab antigen disediakan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Malang,” pungkas AKP Yoppi usai mendampingi Kapolresta AKBP Budi Hermanto meninjau pelaksanaan vaksin di stadion luar Gajayana.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan bahwa kegiatan pemberian vaksin dan swab antigen kepada masyarakat yang memperpanjang SIM tersebut merupakan kolaborasi antara Polresta Malang Kota dengan Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan kota Malang dalam rangka mempercepat program vaksinasi.

“Sementara kuotanya 50 orang untuk satu hari dalam pelayanan ini dimana akan dibuka setiap Jumat atau setiap seminggu sekali sesuai dengan kebijakan dari Satuan Lalu Lintas Polresta Malang Kota,” tandasnya. (Lil)