Rayakan Kemerdekaan RI, Swayanaka Lampanye Prokes dengan Berbagi Bingkisan pada Anak-anak

4 September 2021 - 19:50 WIB
Lomba melukis masker yang dilakukan anak-anak

MALANG (SurabayaPost.id) – Swayanaka Regional Malang merayakan Kemerdekaan RI ke-76. Lewat perayaan tersebut  Sayanaka melakukan beberapa kegiatan sosial kampanye protokol kesehatan (Prokes) dengan berbagi bingkisan pada anak-anak, Sabtu (4/9/2021).

Kampanye Prokes itu dilakukan melalui lomba melukis serta  mengadakan lomba nasional secara virtual.

Dengan tema “Semarak Jemerdekaan Bagi Penerus Generasi” kegiatan yang dilakukan para anggota Swayanaka Malang membagikan bingkisan. Itu berisikan masker, susu, roti dan snack ringan.

Bingkisan tersebut diberikan kepada adik-adik yang berada di beberapa wilayah Kabupaten Malang. Di antaranya  di Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Jabung.

“Adik-adik dari Swayanaka Malang memang kami berikan tugas untuk berinteraksi langsung kepada anak-anak untuk membagikan bingkisan kemerdekaan dengan tujuan menyemarakkan kemerdekaan dan mengingatkan pentingnya protokol kesehatan sebagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran virus corona,” ungkap Dokter Syaifullah Asmiragani, Sp.OT (K). Selaku pembina Swayanaka Malang.

Anak-anak ini sedang mengikuti lomba melukis masker

Disamping bagi-bagi dengan adik-adik di Jabung dan Gondanglegi, anggota dari Swayanaka Malang juga mengunjungi Sekolah Luar Biasa BC Dharma Wanita 01 Kendalpayak.

Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut adalah membagikan bingkisan dan mengajak menyanyi bersama lagu-lagu kemerdekaan.

Hal itu menjadi suatu pembeda dalam kegiatan menyemarakkan kemerdekaan dimana anggota Swayanaka Malang berusaha untuk menyamaratakan semangat kemerdekaan bagi semua insan tanpa terkecuali.

“Kegiatan ini cukup menarik dan baru pertama  kali di sekolah kami ada kunjungan untuk menyemarakkan kemerdekaan bagi adik-adik, kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya pada momen tertentu, tetapi menjadi kegiatan berkelanjutan antara kakak-kakak Swayanaka Malang dengan SLB DW 01 Kendalpayak,” ujar Bu Endang guru di SLB BC Dharma Wanita 01 Kendalpayak.

Anggota Swayanaka Malang juga melakukan kegiatan lomba lukis masker di Dusun Pidek, Gondanglegi. Kegiatan lukis masker ini diikuti oleh beberapa peserta dan menerapkan protokol kesehatan. 

Lukis masker ini juga mengajak adik-adik untuk bisa berkreasi dengan alat lukis serta menarik minat mereka untuk lebih peduli dengan kesehatan salah satunya dengan menggunakan masker. 

Anggota Swayanaka Malang juga mengajak senam bersama dan membagikan bingkisan kemerdekaan sebagai langkah untuk memeriahkan suasana HUT RI ke 76 Th.

Rangkaian semarak kemerdekaan berikutnya yang dilaksanakan oleh Swayanaka Malang adalah lomba 17 Agustusan yang diadakan secara virtual. Lomba tersebut terdiri dari lomba baca mewarnai, baca puisi, menyanyi dan senam kebangsaan. 

Peserta lomba Agustusan kali ini diikuti oleh adik-adik dari berbagai daerah seperti Medan, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Jogja hingga Bali.  Peserta melakukan pendaftaran hingga pengumpulan karya secara online.

“Lomba 17 Agustusan secara virtual, mengajarkan peserta untuk lebih dekat dalam berkreasi dan memanfaatkan teknologi serta mengenal teman baru dari berbagai daerah.” ungkap Fajar Hidayatulloh selaku PIC kegiatan semarak kemerdekaan Swayanaka Malang.

Penutup kegiatan semarak kemerdekaan adalah pengumuman juara lomba 17 Agustusan dan berbagai mini games pada temu daring melalui media zoom pada 29 Agustus 2021. 

Pada acara tersebut peserta yang menjadi juara mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala dan sertifikat. Serta pada mini games peserta diberikan pertanyaan seputar sejarah dan pengetahuan umum tentang Indonesia. 

Melalui semarak kemerdekaan HUT RI ke 76 dapat menjadi bukti bahwa Swayanaka Malang ingin memberikan dampak positif dan terus semangat kepada anak-anak meskipun tidak bisa bersekolah tatap muka tapi masih bisa terus berkreasi dan berkembang. (Lil)