Terakreditasi Paripurna, RSUD Kota Malang Berkomitmen Terus Tingkatkan Layanan

9 November 2022 - 09:48 WIB
Terakreditasi paripurna, RSUD Kota Malang berkomitmen terus tingkatkan layanan (ist)
Terakreditasi paripurna, RSUD Kota Malang berkomitmen terus tingkatkan layanan (ist)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Peningkatan kualitas layanan kesehatan yang secara kontinu dihadirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mendapat penilaian Akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Akreditasi “Bintang Lima” berbasis Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes (STARKES) Tahun 2022 diraih RSUD Kota Malang setelah melewati serrangkaian tahapan sejak 25 hingga 28 Oktober 2022 lalu.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Kota Malang, dr. R.A. Siti Juhariyah, Sp.P, FISR mengungkapkan bahwa proses persiapan akreditasi ini berlangsung kurang kebih enam bulan.

“Berawal dari komitmen seluruh civitas hospitalia RSUD Kota Malang, kita mulai membentuk tim akreditasi dan menunjuk asesor internal untuk bidang manajemen, bidang medis, dan bidang keperawatan.  Assesor internal ini membuat penilaian dan evaluasi juga monitoring secara berkala sehingga siap saat tim penilaian bekerja,” ungkapnya, Selasa (8/11/2022).

Persiapan yang matang dan tentunya pelayanan kesehatan yang selalu sesuai standar membuat hasil akreditasi RSUD Kota Malang memuaskan. Dari 16 area yang dinilai, semua nilainya di atas 87.

Terakreditasi paripurna, RSUD Kota Malang berkomitmen terus tingkatkan layanan (ist)
Terakreditasi paripurna, RSUD Kota Malang berkomitmen terus tingkatkan layanan (ist)

Dirinya menambahkan bahwa selain layanan reguler, RSUD Kota Malang juga memiliki layanan prioritas orthopedi (bedah tulang) yang menjadi unggulan.

“Layanan ini termasuk dalam cost yang tinggi, juga karena letak RSUD tepat di jalan raya dimana kasus kecelakaan lalu lintas ini banyak ditangani di RSUD Kota Malang,” sambung dokter spesialis paru yang akrab disapa Ria ini.

Sementara itu,  Direktur RSUD Kota Malang,  dr. Rina Istarowati berkomitmen dengan diraihnya predikat paripurna dalam akreditasi ini, RSUD juga semakin meningkatkan pelayanan paripurna bagi masyarakat.

“Harapan kami sesuai visi RS yaitu terwujudnya RSUD Kota Malang menjadi pelayanan kesehatan yang bermartabat. Semoga kami mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang terus menerus,” ujar dr. Rina.

Lebih lanjut, dokter ramah ini mengungkapkan untuk meningkatkan mutu layanan RSUD Kota Malang, ke depan akan diupayakan untuk terus menambah fasilitas agar lebih lengkap dengan penambahan pembangunan gedung baru juga sarana prasarana. RSUD juga terus berupaya untuk dapat menjadi RS Pendidikan

“Tak kalah penting adalah pemenuhan SDM berkualitas dan layanan spesialistik yang lebih lengkap dan terjangkau. Sehingga RSUD dapat menjadi RS kebanggaan Kota Malang,” pungkasnya.

Terpisah Wali Kota Sutiaji memberikan apresiasi sekaligus meminta agar seluruh jajaran RSUD tidak cepat berpuas diri.

“Pandemi lalu menjadi warning bahwa tantangan kesehatan masyarakat semakin beragam kedepannya. Bangga tentu dengan capaian, tapi jangan lengah dan lelah untuk terus berbenah”, pesannya. (*)