Tips Memilih Motor Matic Untuk Wanita

8 September 2021 - 14:00 WIB
Ilustrasi; sumber otomotif.

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Sepeda motor saat ini menjadi kendaraan utama yang mengantarkan masyarakat Indonesia menjalani rutinitas sehari hari. Dibandingkan dengan mobil, motor lebih lincah meliuk liuk di tengah kemacetan jalan, lebih hemat bahan bakar dan tentu saja harganya juga lebih terjangkau. 

Motor kini tidak hanya dikendarai oleh laki-laki, banyak wanita yang sekarang ini menggunakan kendaraan ini untuk kebutuhan sehari hari entah itu untuk bekerja, belanja atau mengantar anak ke sekolah. Kebutuhan memiliki sepeda motor kini juga menjadi kebutuhan setiap wanita. 

Namun, tidak semua motor nyaman untuk wanita. Apalagi jika wanita tersebut lagi mendapat tamu bulanan. Wanita membutuhkan motor terutama motor matic yang praktis, nyaman dan aman saat dipakai berkendara, seperti Honda Vario 150. Oleh karena itu, wanita perlu memilih motor dengan hati-hati. Nah, berikut ini tips memilih motor matic untuk wanita:

  1. Pilih Motor Yang Ringan

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya wanita memiliki berat badan yang relatif lebih rendah daripada laki-laki. Oleh sebab itu, ada baiknya wanita memilih sepeda motor dengan berat yang tidak terlalu besar juga. 

Hal ini penting sebab, motor yang ringan akan memudahkan wanita untuk melakukan manuver di tengah jalan entah itu untuk menghindari lubang atau untuk sekadar berhenti. Lain daripada itu, memilih motor yang ringan juga dapat menurunkan risiko kecelakaan bagi seorang wanita sebab wanita yang menggunakan motor ringan lebih bisa menghindar daripada jika dia memilih motor yang berat. 

Saat memilih motor, Anda bisa mencoba mendorong motor tersebut. Jika menurut Anda motor tersebut terasa berat, maka ada baiknya Anda memilih motor lain yang lebih ringan. Mungkin motor besar dan berat terlihat keren dan gagah, akan tetapi demi keselamatan Anda, sesuaikan berat motor tersebut dengan motor Anda. 

  1. Pilih Motor Dengan Tinggi Yang Sesuai

Selain berat, fitur lain yang membedakan antara wanita dan pria dari segi fisik adalah tinggi badan. Umumnya badan pria dewasa lebih tinggi daripada wanita. Aspek ini tentu turut mempengaruhi pilihan motor wanita. 

Wanita mau tidak mau harus memilih motor yang sedikit lebih rendah daripada pria sebab tentu wanita tersebut tidak akan nyaman jika harus mengendarai motor yang lebih tinggi. Selain tidak nyaman, memilih motor yang tidak sesuai dengan tinggi wanita tersebut juga akan membahayakan mengingat kaki wanita tersebut tidak akan bisa menjangkau jalanan. 

Sebelum membeli motor, pastikan Anda mengukur ketinggian motor tersebut dengan coba menaiki motor tersebut. Apabila saat berhenti Anda masih harus jinjit, berarti motor tersebut sedikit terlalu tinggi untuk Anda. 

  1. Pilih Motor Dengan Tempat Duduk Yang Nyaman

Tempat duduk adalah salah satu fitur penting dari sepeda motor. Karena semua pembeli sepeda motor pasti mencari motor dengan kualitas tempat duduk yang nyaman dan cukup empuk untuk berkendara. 

Fitur ini sangat penting juga bagi wanita. Karena wanita memerlukan motor yang tidak hanya akan terasa nyaman ketika digunakan berkendara tetapi juga perlu motor dengan tempat duduk yang nyaman dipakai ketika wanita tersebut sedang dapat tamu bulanan yang seringkali menggelisahkan. 

Oleh karena itu, calon pembeli motor wanita harus mencoba tempat duduk motor tersebut sebelum memutuskan. Agar motor tersebut dapat dipakai kapanpun tanpa perlu mengkhawatirkan menstruasi.

  1. Pilih Motor Dengan Bagasi Besar

Saat bepergian, wanita seringkali membawa lebih banyak barang daripada pria. Mulai dari peralatan make up, skin care sampai perlengkapan ibadah pribadi. Maka dari itu, wanita perlu memilih kendaraan bermotor dengan bagasi besar supaya tidak ribet membawa barang-barang tersebut.

Bagasi yang besar tidak hanya memudahkan wanita membawa dan menyimpan barang-barang yang dia butuhkan tetapi juga lebih aman daripada jika arang-barang tersebut ditaruh di depan motor atau dibawa dengan tas. 

  1. Pilih Motor Dengan Desain dan Warna Yang Trendi

Sebenarnya warna dan gaya motor yang trendi tidak hanya menjadi kebutuhan wanita, tetapi juga pria. Namun, wanita cenderung memilih warna motor yang tidak hanya nyaman dan aman saat dipakai tapi juga indah dan keren jika dilihat. 

Memang tempat duduk motor bisa didesain sedemikian rupa secara mandiri. Akan tetapi, biasanya yang melakukan custom tempat duduk motor seperti ini adalah pelanggan pria, alih-alih wanita. Pelanggan wanita cenderung langsung membeli motor dengan desain yang dia inginkan dan tidak merubah desain tersebut. 

Honda Vario 150 eSP adalah salah satu motor yang sangat cocok dipakai wanita. Sepeda motor jenis ini hanya memiliki berat 112 Kg dan memiliki ketinggian tempat duduk (seat height) 769 mm. Berat badan dan tinggi motor tersebut sangat cocok untuk dipakai oleh wanita. 

Bagasi yang dimiliki oleh Honda Vario 150 eSP juga besar sehingga wanita bisa menaruh barang-barang miliknya mulai peralatan make up sampai helm di bagasi tersebut. Belum lagi tempat duduk motor jenis ini sangat nyaman untuk dikendarai walaupun wanita tersebut sedang dalam fase menstruasi. Honda Vario 150 eSP juga memiliki desain sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan elegan saat dipandang. Anda bisa membeli motor ini di blibli.com.

Nah, itu tadi 5 tips membeli motor untuk wanita. Selain lima tips di atas, wanita juga perlu menyesuaikan jenis motor yang dipilih dengan kemampuan keuangan yang dia miliki. Jangan sampai membeli motor keren tapi anggaran bocor ya! Memilih motor secara bijaksana dan sesuai kebutuhan tetap yang paling utama.  (@)