
SURABAYA (SurabayaPost.id) – Beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan Kota Malang menyedot perhatian para pengunjung Indonesia City Expo (ICE) 2025. ICE ke-21 ini menjadi rangkaian dari Musyawarah Nasional (Munas) VII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan resmi dibuka pada Kamis (8/5/2025) di Exhibition Hall Grand City Surabaya.
Pameran yang berlangsung sejak Kamis (8/5/2025) hingga Sabtu (10/5/2025) mendatang ini menjadi ajang untuk menampilkan beraneka produk unggulan serta beragam potensi dan pembangunan kota se-Indonesia.
Booth Kota Malang menjadi salah satu destinasi favorit para pengunjung. Beragam produk mulai dari fesyen, kriya, hingga kuliner unggulan ditampilkan, seperti Soendari Batik and Art, RF. Fashion, Eva Unique Accesories, Catalis Decoration, Keripik Tempe Rohani, dan berbagai produk dari Komunitas Mbois Malang Raya. Tak hanya berkunjung dan berbelanja, di booth Kota Malang pengunjung juga bisa berkesempatan belajar membatik bersama Soendari Batik and Art.
Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat berharap gelaran ini dapat memperluas jangkauan pasar produk UMKM lokal Kota Malang. Dengan keikutsertaan pelaku UMKM Kota Malang dalam ICE, menurut Wahyu tentunya juga akan terjalin kolaborasi dan kerja sama, bahkan menarik minat investor.
“UMKM Kota Malang saya harap bisa makin naik kelas. Semoga Kota Malang dan beragam produk UMKM-nya juga makin dikenal dan diminati masyarakat yang lebih luas. Ini sesuai juga dengan Dasa Bakti Ngalam Laris,” ujar Wahyu Hidayat dikutip dari rilis Bagian Prokompim Setda Kota Malang.
Tak hanya produk UMKM, dalam ICE ini Pemkot Malang juga mengenalkan beragam destinasi wisata di Kota Malang. “Ngalam Asyik, kami ingin menjadikan Kota Malang sebagai kota tujuan wisata, tujuan kuliner. Ini juga akan membuat pergerakan ekonomi di Kota Malang semakin bergulir dan tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat pun juga bisa makin meningkat,” imbuh dia.