Upaya Pemkot Malang Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat, Walikota Sutiaji : Tahun 2023 Ini, Kami Canangkan Sambang Warga Setiap Hari Jumat

Dekatkan pelayanan kepada masyarakat, Walikota Malang H Sutiaji Sambang Warga. (istimewa)
Dekatkan pelayanan kepada masyarakat, Walikota Malang H Sutiaji Sambang Warga. (istimewa)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berinovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat Bumi Arema. Salah satu upaya dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat itu, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama jajaran, setiap hari Jumat akan Sambang Warga. Di awal tahun 2023, Walikota Sutiaji sambang warga di Kecamatan Kedungkandang, Jumat (06/2/01/2023) kemarin.

Dalam kegiatan Sambang Warga tersebut, selain berdialog menampung aspirasi warga dan memberikan bantuan pada warga yang membutuhkan, Pemkot juga menghadirkan berbagai pelayanan mulai kesehatan, perizinan, pencatatan sipil hingga pelayanan publik lainnya.

Walikota Sutiaji menyerahkan bantuan kepada salahsatu warga. (istimewa)
Walikota Sutiaji menyerahkan bantuan kepada salahsatu warga. (istimewa)

“Sudah kami canangkan dari awal tahun 2023 ini, kami sambang warga setiap hari Jumat dengan semua perangkat daerah terlibat. Kita ajak berkeliling kelurahan dengan juga menyelenggarakan pelayanan,” tutur Walikota Sutiaji.

Ia mengungkapkan, selain menampung aspirasi masyarakat serta mengetahui kondisi riil di lapangan, dalam kegiatan ini diharapkan dapat semakin mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Sehingga diharapkan dapat memudahkan masyarakat melakukan pengurusan berbagai dokumen administrasi maupun perijinan.

“Kami ajak beberapa layanan, ini ada mobilnya Dukcapil, ada Bapenda, Disnaker PMPTSP, Tugu Tirta, ada Bank Jatim, Diskopindag. Ada yang melayani merk, ada yang menggurus PIRT, ijin usaha. Sehingga sambil memberikan literasi kepada masyarakat,” tandasnya.

Beberapa layanan yang hadir diantaranya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberikan sosialisasi terkait perpajakan daerah, selain itu wajib pajak akan dibantu cek Nomor Objek Pajak (NOP) apakah ada tunggakan atau tidak, termasuk informasi yang lain seperti mengurus BPHTB dan pajak lainnya.

Walikota Malang H Sutiaji disalah satu rumah warga. (istimewa)
Walikota Malang H Sutiaji disalah satu rumah warga. (istimewa)

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang memberikan layanan terkait Kartu Identitas Anak (KIA), Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta verifikasi pencatatan sipil seperti akta, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) fasilitasi merek dan membantu pemberkasan untuk mempermudah dalam mengurus perijinan berusaha bagi usaha mikro.

Di mana Disnaker PMPTSP juga melakukan pendampingan OSS. Selain itu Perumda Air Minum Tugu Tirta membuka pelayanan pengaduan dan pelayanan pendaftaran pasang baru serta untuk berbagai pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Jatim. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.