Buka FORKOT I, Pj Wahyu Hidayat Targetkan Kota Malang Juara Umum di FORDA Jatim 2024

Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM membuka FORKOT I Kota Malang, yang digelar oleh KORMI Kota Malang, di GOR Ken Arok, Rabu (10/07/2024)
Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM membuka FORKOT I Kota Malang, yang digelar oleh KORMI Kota Malang, di GOR Ken Arok, Rabu (10/07/2024)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM membuka Festival Olahraga Masyarakat Kota (FORKOT) I Kota Malang, yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) kota setempat, Rabu (10/07/2024).

Dalam event yang digelar di GOR Ken Arok tersebut diikuti sebanyak 2.000 penggiat olahraga masyarakat, dan yang terbaik akan mewakili Kota Malang dalam Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) Jawa Timur II pada November 2024 mendatang di Surabaya.

Hal ini merupakan bentuk upaya KORMI Kota Malang dalam mempersiapkan para atlet dan penggiat olahraga, untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 700 juta untuk pelaksanaan Festival Olahraga Masyarakat Tingkat Kota (FORKOT) 2024.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh gelaran Forkot I Kota Malang 2024 ini, karena event ini sangat luar biasa dampaknya, selain itu juga diharapkan mampu meraih peringkat pertama pada FORDA mendatang,” ucap Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat ditemui awak media usai membuka kegiatan Forkot Kota Malang 2024, Rabu(10/07/2024).

Melalui gelaran FORKOT ini, Kota Malang bersiap menyambut FORDA kedua yang akan digelar di Surabaya pada November 2024 mendatang. Untuk itu, Wahyu optimis bahwa Kota Malang dapat meraih peringkat pertama dalam ajang tersebut.

“Tadi saya sudah sampaikan kepada Ketua KORMI Kota Malang, dengan persiapan melalui FORKOT ini kami optimistis bisa menjadi urutan pertama pada FORDA di Surabaya tahun 2024,” tambah Wahyu.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, menjelaskan bahwa total anggaran yang dikucurkan untuk FORKOT 2024 ini mencapai Rp 700 juta. Yang akan digunakan untuk mendukung 27 induk olahraga (inorga) yang berpartisipasi.

“Swadaya memang dilakukan untuk latihan, namun untuk penyelenggaraan event seperti ini, kami juga memberikan dukungan dari APBD. Total anggarannya sekitar Rp 700 juta untuk 27 inorga,” jelas Baihaqi.

Sementara itu, Ketua KORMI Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyebutkan FORKOT I Kota Malang 2024 ini, diikuti oleh 2000 penggiat olahraga.

“Hari ini diikuti oleh 2000 penggiat, dengan 27 inorga. Untuk FORDA nanti, akan ada 37 inorga,” ujar Sofyan.

Dengan adanya tambahan 10 inorga untuk FORDA di Surabaya nanti, pria yang akrab dengan sapaan Bung Edi ini mengatakan KORMI Kota Malang memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar.

“Targetnya sesuai perintah Pak Pj. Tentu kita akan berupaya semaksimal mungkin mewujudkannya. Kota Malang memiliki keunggulan di cabang senam, terutama Senam Tera Indonesia (STI),” jelasnya.

Bung Edi juga menyebutkan dalam pelaksanaan FORKOT, terdapat 14 venue yang seluruhnya mendapat dukungan dari Pemkot Malang dan masyarakat. (*)