Antusias Warga Sangat Luar Biasa, yang Tak Kebagian Vaksin Dijadwalkan Bulan Juli

26 June 2021 - 19:17 WIB
Pelaksanaan vaksin massal yang digelar Polresta Malang Kota bekerjasama dengan TNI dan Dinkes di gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang (UM)

MALANG (SurabayaPost.id) – Masyarakat Kota Malang sangat antusias merespon program vaksinasi nasional dari TNI/Polri yang digelar di Sasana Kridha UM, Sabtu (26/6/2021). 

Banyak warga yang tidak kebagian. Sehingga mereka yang sudah terdaftar itu  dijadwalkan mengikuti program vaksin bulan Juli. “Soal tanggal dan tempat nunggu info selanjutnya,” kata Kasi Humas Polresta Malang Kota, Iptu Marhaeni saat mendampingi Kapolresta AKBP Bhudi Hermanto. 

Maklum  antusias masyarakat ikut vaksinasi sangat luar biasa. Mereka sudah mengantri sejak pukul 08:00 WIB di gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang (UM) itu.

Dalam kegiatan tersebut, Polresta Malang Kota (Makota)  bekerja sama dengan TNI dan Dinas Kesehatan Kota Malang. Mereka  menyediakan 150 vial vaksin sinovac untuk 1.500 warga.

Bagi warga yang mengikuti program vaksinasi tersebut juga diharuskan untuk mendaftar diri terlebih dahulu di lima Polsek yang ada di Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto didampingi Waka Polresta AKBP Totok Mulyanto Diyono serta Kasi Humas Iptu Marhaeni

“Kegiatan ini merupakan program vaksin massal 1 Juta vaksin Covid-19 dalam satu hari. Ini disampaikan ke 34 provinsi di Indonesia dan digelar serentak. Kegiatan ini digelar juga dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75,” ucap Kapolresta Malang AKBP Bhudi Hermanto.

Kapolresta yang akrab disapa Buher ini  mengatakan, meski terjadi antrian panjang, pihaknya telah menerapkan aturan dan regulasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan, karena melihat antusiasme masyarakat Kota Malang yang ingin divaksin cukup besar.

Regulasi tersebut diatur dalam penerapan jam kedatangan sebelum divaksin. Di mana nomor antrian 1-75 diharuskan datang pukul 08:00 – 8:30 WIB. Antrian 76-150 mulai pukul 09:00 – 10:00 WIB dan seterusnya.

“Sebenarnya ini sudah diatur. Akan tetapi antusiasme masyarakat luar biasa. Sejak pagi sudah ada di lokasi,” ucapnya.

Masyarakat Kota Malang saat menjalani vaksinasi Covid-19

Buher juga mengapresiasi masyarakat karena telah memakai masker meski sempat terjadi antrian panjang. Dirinya juga menegaskan, bahwa vaksin yang diberikan kepada masyarakat ini aman dan halal.

“Di luar tadi personel dari Polsek sudah kami minta mengatur masyarakat. Personel tadi juga sempat memberikan hand sanitizer kepada masyarakat, karena mereka terlihat sudah memakai masker,” ucapnya.

Rencananya, vaksin dosis kedua kepada masyarakat akan dilaksanakan pada 24 Juli 2021. “Untuk lokasinya nanti akan dihubungi oleh Babinkamtibmas setempat. Entah akan dilakukan di sini lagi, atau kita mencari tempat yang lebih besar,” ucapnya.  (Lil).