Barang Kembali Utuh, Pengirim dan JNE Express Sepakat Damai, Begini Pernyataan Kedua Belah Pihak

Barang Kembali Utuh, Pengirim dan JNE Express Sepakat Damai, Begini Pernyataan Kedua Belah Pihak. (Ft.Cholil)
Barang Kembali Utuh, Pengirim dan JNE Express Sepakat Damai, Begini Pernyataan Kedua Belah Pihak. (Ft.Cholil)

MALANGKOTA (SurabayaPost id) – Permasalahan Johan Novianto (39), warga Kedungkandang Kota Malang dengan JNE Express Malang telah selesai. Kedua pihak juga telah sepakat berdamai. Hal itu usai kedua belah pihak bertemu pada 7 Mei 2024 untuk menyelesaikan masalah paket kiriman Johan yang sempat dinyatakan hilang.

Samin Untung, SH, S.Sy selaku Kuasa Hukum Johan, mengatakan bahwa barang kliennya sudah ditemukan dan dikembalikan utuh seperti awal pengiriman pada 5 April 2024 lalu.

“Alhamdulilah barang paketan klien kami sudah ketemu dan dikembalikan. Kami sudah cek bersama bahwa isinya sesuai dan tidak ada kerusakan,” kata Samin saat menggelar konferensi pers bersama Johan Novianto dan Amalia pada Rabu (08/05/2024) malam.

Kuasa hukum, Samin Untung, SH, S Sy saat menggelar konferensi pers bersama Johan Novianto dan Amalia pada Rabu (08/05/2024) malam
Kuasa hukum, Samin Untung, SH, S Sy saat menggelar konferensi pers bersama Johan Novianto dan Amalia pada Rabu (08/05/2024) malam

Menurutnya, barang milik kliennya itu seharusnya dikirim kepada pemesan di Pangkalpinang, namun tertukar resi ke Banjarmasin.

“Dari Banjarmasin itu barang Johan sempat tertahan di security kantor JNE di sana sebelum dikembalikan ke Malang lagi dan diserahkan ke kami,” jelasnya.

Dengan kembalinya barang milik Johan, disertai dengan permintaan maaf dari JNE atas kekeliruan pengiriman paket serta dibalas dengan permintaan maaf dari pihak Johan.

Samin mengaku permintaan maaf dilakukan karena deskripsi paket tidak sesuai.

“Kami sampaikan permintaan maaf secara terbuka karena barang tidak sesuai deskripsi. Kami juga apresiasi JNE yang bekerja maksimal dan profesional,” lanjutnya.

Sementara itu, Johan juga mengaku bersyukur barang paketnya sudah ditemukan kembali. Ia juga meminta maaf karena paket ditulis kosmetik padahal isinya emas.

“Saya sangat berterima kasih kepada JNE, karena sudah secara maksimal mencari paket saya. Saya akui ada kesalahan deskripsi yang menjadi pelajaran bagi kita semua,” tuturnya.

Serah terima barang dari JNE Express kepada Johan Novianto
Serah terima barang dari JNE Express kepada Johan Novianto

Terpisah, JNE pusat melalui Media Communication Dept Head, Kurnia Nugraha
memberikan klarifikasi dan hak jawab ke Surabayapost.id.

Permasalahan kedua belah pihak kini sudah terselesaikan dengan baik.

Bersama ini kami ingin menyampaikan tanggapan terkait komplain paket dengan nomer resi CM24457245739 dan menjelaskan atas hal yang terjadi,   

  1. Pada 15 April 2024 JNE Malang menerima laporan dari pengirim atas nama Yohan bahwa paket dengan nomer resi CM24457245739 dengan deskripsi isi kiriman berupa kosmetik tujuan Pangkal
    Pinang diterima tidak sesuai dengan pesanan melalui marketplace.
  2. Sejak laporan diterima hingga 17 April JNE Malang melakukan investigasi dan pelacakan terhadap paket dimaksud sebagai bentuk tanggungjawab.
  3. Pada 28 April 2024 JNE Malang mendapatkan informasi bahwa paket tersebut ditemukan masuk
    ke wilayah JNE Banjarmasin dan akan segera dilakukan penarikan paket.
  4. Pada hari yang sama JNE Malang mencoba menghubungi pihak pengirim untuk menginformasikan
    bahwa paket telah ditemukan dan menunggu proses return ke JNE Malang.
  5. Pada 8 Mei 2024 JNE Malang telah melakukan pengembalian paket kepada pengirim atas nama Johan Novianto dan paket kiriman telah diterima dengan baik. (lil)