Cegah Virus Corona, Ini yang Dilakukan Warga Desa Medali

28 March 2020 - 19:57 WIB
Relawan tengah menyemprotkan cairan desinfektan ke rumah warga.

MOJOKERTO (surabayapost.id) – Tindakan pencegahan penyebaran virus Corona terus dilakukan di setiap wilayah Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan warga Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa-Timur, Sabtu (28/3/2020) pagi.

Puluhan warga yang masuk dalam tim relawan satuan tugas pemberantasan dan pencegahan penyebaran virus Corona secara serentak melaksanakan penyemprotan ke sebanyak 1350 rumah di 5 Dusun wilayah Desa Medali, Kecamatan Puri. Penyemprotan disinfektan dilakukan mulai pukul 8.00 WIB.

Dengan menggunakan cairan desinfektan yang dibuatnya sendiri dengan campuran berbagai cairan bahan kimia dan bantuan dari dinas kesehatan, tim gabungan dari TNI/Polri serta warga setempat menyemprotkan ke setiap rumah warga, tempat fasilitas umum, dan jalur jalan desa.

Miftahudin, Kepala Desa Medali mengatakan, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan bersama puluhan relawan satuan gugus pencegahan penyebaran Covid 19 bentukan Desa Medali. “Ada sebanyak 1350 rumah warga yang disemprot dengan cairan desinfektan. Bahan cairan yang disemprotkan, kami buat sendiri menggunakan cairan kimia pembersih lantai dan pemutih kain dari bantuan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Aksi penyemprotan cairan desinfektan ke rumah warga dan fasilitas umum akan dilakukan setiap satu pekan sekali. Selain penyemprotan, tim satuan gugus pencegahan penyebaran Covid 19 wilayah Desa Medali juga memberlakukan kawasan Physical Distancing yang dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB hingga 04.00 WIB. “Kami juga memberlakukan kawasan jalur Physical Distancing di desa kita. Jadi baik orang warga luar daerah maupun warga setempat yang masuk di kawasan physical distancing dilakukan pemeriksaan,” himbau Miftahudin. (joe/fan)