Dinas Pendidikan Susun Renstra, Sutiaji: Harus Sesuai Visi misi Wali Kota

19 November 2018 - 18:48 WIB
Wali Kota Sutiaji saat memberi arahan dalam Forum Komunikasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kota Malang Tahun 2019 - 2023.
Wali Kota Sutiaji saat memberi arahan dalam Forum Komunikasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kota Malang Tahun 2019 - 2023.

MALANG (SurabayaPost.id) – Wali Kota Malang, H Sutiaji mengingatkan agar rencana strategis (Renstra) Dinas Pendidikan (Disdik) sesuai visi dan misi Wali Kota Malang.

Peringatan tersebut disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan arahan dalam Forum Komunikasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Renstra Disdik Kota Malang Tahun 2019 – 2023 di Hotel Atria Malang, Senin (19/11/2018).

Pada gelaran acara yang juga dihadiri Wawali Sofyan Edi Jarwoko tersebut, Sutiaji menitipkan pesan agar Renstra Disdik Kota Malang harus sesuai dengan visi dan misi kepemimpinannya. Itu dalam rangka mencapai Kota Malang sebagai Kota yang Bermartabat.

“Program pendidikan yang meniadakan metode calistung untuk anak kelas satu dan dua SD diharapkan juga dapat berjalan dengan baik; meskipun nantinya hanya dilaksanakan pada beberapa sekolah dulu sebagai uji coba dan percontohan,” ujar Sutiaji.

Menurut dia, kewajiban mendidik anak-anak merupakan tanggung jawab orang tuanya. “Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab membantu para orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya untuk dapat belajar dengan baik,” tambah Sutiaji.

Dijelaskan Sutiaji bila peniadaan Calistung itu memang menjadi pilihan masyarakat. “Itu pasti akan ada yang pro dan kontra terhadap program tersebut. Namun sudah menjadi tugas kita untuk dapat memberikan pemahaman pada mereka bahwa tidak semua sekolah akan menjalankan program tersebut,” jelas dia.

Yang jelas, kata dia, para akademisi banyak yang pro. Itu karena sekolah akan mengedepankan pendidikan akhlak dan pendidikan karakter, selain pendidikan akademik.

Sutiaji juga berpesan kepada para pendidik agar terus berjuang demi masa depan generasi bangsa.

“Dinas Pendidikan sebagai Perangkat Daerah, saya harapkan mampu menyelesaikan program-program yang telah ditetapkan pada Renstra tahun 2019 – 2023 mendatang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tegas Sutiaji. (lil/ah).