Disparta Gelar Tour Virtual Gowes Wisata Nasional

31 October 2021 - 20:26 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama Arief As Siddiq

BATU (SurabayaPost.id) – Mempromosikan dan memperkenalkan beragam daya tarik beragam wisata yang ada di Kota Batu, Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menggelar kegiatan Tour Virtual Gowes Wisata Nasional.

Hal tersebut, disampaikan  Kadisparta Kota Batu, Arief As Siddiq, saat pengundian secara virtual dari ribuan peserta gowes di Gedung Graha Pancasila, Among Tani, Kota Batu, Minggu (31/10/2021).

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan serta mempromosikan beragam daya tarik wisata di Kota Batu dengan cara yang berbeda.Tour ini merupakan pengembangan promosi destinasi wisata,” kata Arief.

Itu, kata dia, kegiatan tersebut, juga menjadi sarana promosi kreatif dan bisa jadi wadah goweser atau penghobi sepeda menyalurkan hobi. Terkait, dengan perlombaannya, lanjut Arief.

Hadiah mobil

“Panitia tidak menggunakan konsep titik start dan finish. Peserta boleh gowes dari masing-masing lokasi yang mereka inginkan dari 33 titik yang tersebar di 3 Kecamatan di Kota Batu,” paparnya. 

Lantas, papar dia, cukup mengumpulkan stempel minimal 3 lokasi check poin.Kalau sudah mengumpulkan tiga stempel, menurutnya tinggal memberikan id card peserta yang sudah dipenuhi stempel tersebut.

“Kemudian kupon undian akan diserahkan di titik pengundian hadiah.Pengundian pun dilakukan secara virtual dan bisa diikuti melalui streaming you tube Disparta Kota Batu untuk mencegah kerumunan massa saat pandemi,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam event tersebut, pesertanya sejumlah 1.915, hadiahnya selain Grand Prize Daihatsu Ayla, juga puluhan beberapa hadiah menarik lsinnya yang diundi secara virtual,diantaranya.

Kulkas, TV LED, mesin cuci, sepeda lipat, dan beberapa hadiah lainnya.

Perlu diketahui lagi, tiket dengan nomor 0727 yang sangat beruntung karena pemiliknya mendapatkan Grand Prize 1 unit mobil Daihatsu Ayla warna putih dalam ajang Tour Virtual Gowes Wisata Nasional Kota Wisata Batu yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu dan Polres Batu tersebut.

Pemilik tiket bernama Irfan Arif dari komunitas LCC, warga Dusun Kedung, RT 62 RW 9, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Wali Kota saat foto bersama

Selain tour virtual, juga ada perlombaan Gowes Foto Contest kontes perorangan dan kelompok dengan hadiah total puluhan juta rupiah setiap kategorinya. Antara lain juara I Rp 7,5 juta, juara II Rp 5 juta, juara III Rp 2,5 juta, Juara Harapan I Rp 1,5 juta, Juara Harapan II Rp 1 juta, dan Juara Harapan III Rp 750 ribu setiap kategori. 

Terkait event yang dimaksud, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengaku sangat mengapresiasi.

” Untuk menyambut Hari Jadi ke 20 Kota Batu serta Hari Bhayangkara 2021 yang sangat luar biasa.Kami harap tahun depan penyelenggaraan jauh lebih meriah lagi dengan menggandeng dinas lain,” sarannya.

Misalnya, saran dia, kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu.Yang menurutnya, selain bersepeda juga ada penanaman pohon.

“Saya yakin melalui event ini mampu mengenalkan ragam potesni wisata dan alam Kota Batu kepada semua khalayak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengucapkan terima kasih kepada semua panitia yang terlibat sehingga acara bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan semua pihak.

“Terutama peran serta peserta yang sangat antusias dari beberapa kota di Jawa Timur hingga kalimantan. Semoga tahun depan kondisi pandemi jauh lebih baik supaya bisa melaksanakan gelaran yang sama  tingkat nasional secara langsung,” harapnya.

Meski begitu, kata Yogi, perlombaan secara virtual tersebut, tidak mengurangi makna kegiatan. Apalagi  menurut dia, tujuan kegiatan untuk mempromosikan wisata yang ada di Kota Batu bisa diketahui semua orang baik nasional maupun internasional.

“Biar masyarakat atau wisatawan lebih tahu beragam wisata dan potensi alam yang menarik di berbagai penjuru Kota Batu,” pungkasnya. (*Gus*)