Puluhan Anggota GEKRAFS Kota Batu Dilantik

31 October 2021 - 22:08 WIB
Aggota GEKRAFS Kota Batu usai pelantikan.

BATU (SurabayaPost.id) – Puluhan anggota  Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) Kota Batu, perode 2021- 2024 dilantik di Sendratari Arjuna Wihaha, Jalan Sultan Halim, Kelurahan Sisir, Kota Batu, Minggu (31/10/2021).

Hal tersebut, dibenarkan Ketua DPC GEKRAFTS Kota Batu, Syaiful Umam, Minggu (31/10/2021).

“Sebelum melalukan pelantikan kepada sejumlah 70 orang anggota DPC GEKRAFTS Kota Batu, kami  telah melakukan open recruitment. Total peserta yang mengikuti open recruitment terebut terdapat sejumlah 224 orang,” kata Syaiful.

Itu, kata dia, open recruitment ini, menurutnya dilakukan secara terbuka, dan dipromosikan melalui media sosial secara masif. Dalam proses seleksinya, dimelakukan interview secara online dan offline.

“Kendati, baru dilantik GEKRAFTS Kota Batu telah membuat beberapa terobosan. Salah satunya membuat platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menjual tanaman hias,” paparnya.

Selain itu, papar dia, sudah beberapa kali mengikuti event nasional maupun internasional. Salah satunya mengikuti pameran kopi internasional di Istanbul Turkey.

Selain itu, kata dia, bakal mengembangkan 17 sektor ekonomi kreatif di Kota Batu guna kemajuan ekonomi Kota Batu dan nasional. Tujuannya agar program yang ia miliki benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. 

“Kami mengajak masyarakat untuk belajar, bersinergi dan berjaya bersama. Karena dengan belajar bersama akan ada peningkatan kualitas dalam diri seseorang. Sedangkan untuk bisa berjaya diperlukan diperlukan kolaborasi lintas sektor,” ujarnya. 

Lantas, ujar dia, untuk program jangka pendek dan panjang , menurut Syaiful yang akan segera dilakukan adalah memberikan pendampingan kepada Desa Wisata Tulungrejo.Itu, kata dia,bakal  menjadi pilot project desa wisata mandiri untuk mewujudkan desa wisata berkelas premium.

Diwaktu yang sama, Ketua DPW GEKRAFTS Jatim, Septrianto Maulana mengaku DPC GEKRAFTS Kota Batu merupakan DPC yang pertama kali dilantik di Jatim.

Dengan demikian, pihaknya mengaku bangga meski belum secara resmi dilakukan pelantikan, tapi sudah banyak program yang bakal dikerjakan.

“Saya berharap kepada DPC GEKRAFTS Kota Batu bisa semakin mengembangkan potensi pariwisata Kota Batu. Karena Kota Batu memiliki potensi pariwisata yang sangat besar,” mintanya.

Untuk itu, ia berharap berbagai program yang diluncurkan oleh GEKRAFTS Kota Batu bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakar Kota Batu.

 “Tugas besar di DPW Jatim adalah membentuk GEKRAFTS di 38 kabupaten/kota di Jatim. Untuk pelantikan selanjutnya kami harap bisa sama atau lebih baik dari Kota Batu,” harapnya.

Sementara itu, Pakar Pariwisata DPC GEKRAFTS Kota Batu, Arief Utama Waworuntu yang notabene selaku Pembina Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI)  Malang Raya, berjanji pihaknya akan berkontribusi penuh untuk kemajuan ekonomi kreatif di Kota Batu.

” Orang – orang yang tergabung dalam GEKRAFTS merupakan kelompok pemimpi. Ini adalah kelompok pemimpi, kami akan bersama-sama menggali potensi dalam diri untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut,” janjinya.

Itu, kata dia, agar Kota Batu bisa lebih kreatif dan lebih premium dalam hal pariwisata,” harapnya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut,  kata dia, perlu ada peningkatan sumber daya manusia (SDM).  (Gus)