Dua Atlet Nasional Pilih Kuliah di Kampus IBU Malang

18 August 2021 - 19:15 WIB
Atlet nasional triathlon Renata Berliana Aditya (kiri) dan atlet nasional karate Prita Nabila Kurniawati

MALANG (SurabayaPost.id) –  IKIP Budi Utomo (IBU) Malang ternyata memiliki tempat khusus di hati para nasional. Buktinya, ada dua atlet nasional yang memilih kuliah di kampus IBU Malang pada tahun ajaran 2021/2022. 

Kedua atlet nasional yang masuk bersamaan dengan 1.100 mahasiswa baru (Maba) itu merupakan atlet andalan Jawa Timur.  Mereka adalah Prita Nabila Kurniawati dan Renata Berliana Aditya (19). 

Renata merupakan atlet triathlon (gabungan olahraga renang, sepeda dan lari sekaligus). Sedangkan  Prita merupakan atlet jarate  untuk kelas kumite putri di bawah 50 kg.

Mereka memilih kuliah di kampus IBU karena dinilai sebagai kampus paling bersahabat dengan atlet. Makanya, Renata Berliana Aditya yang  merupakan warga asli Surabaya itu pilih kuliah di kampus IBU Malang. 

Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko

“Saya memilih IBU ini karena kampus ini ramah pada atlet, dan sangat perhatian pada atlet. Selain itu, saya ingin mencoba hal yang baru,” ucap Renata, saat ditemui di Kampus C IBU Malang, Jalan Citandui, No.46, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (18/8/2021).

Menurut Renata, selain perhatian pada atlet, IBU Malang juga terkenal selalu memfasilitasi para atlet yang berkuliah di sini.

“Saya ngerti Kampus ini dari teman, katanya kampus ini bagus, dan ternyata saya tidak salah pilih,” jelas Maba yang memilih jurusan Bahasa Inggris ini.

Keinginan Renata berkuliah di IBU Malang dengan mengambil jurusan bahasa Inggris dikarenakan ingin fasih dalam berbahasa Inggris.

“Saya pilih jurusan bahasa Inggris, bukan olahraga, karena ingin fasih berbahasa Inggris, agar berkomunikasi dalam perlombaan triathlon lancar,” tegas putri bungsu dua bersaudara pasangan Adi Sucipto dan Indri Novita tersebut.

Renata Berliana Aditya dan Prita Nabila Kurniawati

Hal senada juga disampaikan Prita Nabila Kurniawati. Atlet Karate kelas kumite putri di bawah 50 kg ini mengaku bangga dan senang bisa berkuliah di IBU Malang ini.

“Saya pilih IBU ini alasannya sama dengan Renata, saya senang kuliah disini, perhatian pada atlet bagus,” tegas Maba jurusan olahraga ini.

Dara manis asal Kelurahan Bareng Kota Malang ini mengetahui jika IBU Malang merupakan kampus para atlet yang ingin mendapatkan pendidikan.

“IBU ini terkenal gudang atlet yang ingin mendapatkan pendidikan,” tutup putri sulung pasangan Sidiq Wibowo dan Sri Bawon tersebut sembari mengaku senang bisa diterima masuk IKIP Budi Utomo Malang.

Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo, Dr Nurcholis Sunuyeko, mengaku bangga memiliki mahasiswa baru yang merupakan atlet nasional. Menurut dia, IKIP Budi selama ini memang sangat mengapresiasi para atlet yang kuliah di kampus IBU.

“Itu tidak hanya untuk atlet nasional. Namun, atlet lokal bahkan internasional pun banyak yang memilih kuliah di kampus IBU,” kata dia. 

Dia menjelaskan bahwa mereka tertarik kuliah di IBU karena banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Menurut dia, selain dapat fasilitas, mereka juga dapat kelonggaran untuk terus mengembangkan prestasinya di bidang olahraga yang ditekuni. 

“Dengan begitu, mereka tidak hanya berprestasi di olahraga. Namun, secara akademis juga punya prestasi,” terang dia. 

Karena itu dia berharap para atlet yang kuliah di kampus IBU tidak hanya bisa meningkatkan prestasi di dunia olahraga dan secara akademis. Namun, juga bisa membawa nama baik kampus IBU, bangsa dan negara. “Itu yang harus terus ditingkatkan.  Sehingga bisa meraih prestasi yang diharapkan,” pungkas dia.  (Lil)