Dukung UMKM Naik Kelas, BMM Gelar Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM Kulon Progo

Dukung UMKM Naik Kelas, BMM Gelar Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM Kulon Progo. (ist)
Dukung UMKM Naik Kelas, BMM Gelar Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM Kulon Progo. (ist)

KULON PROGO (SurabayaPost.id) – Baitulmaal Muamalat (BMM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pagerharjo, Kulon Progo.

Lembaga Amil Zakat Nasional tersebut menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing bagi pelaku usaha UMKM tingkat desa di Pendopo Pancer Menoreh, Pagerharjo pada Jum’at (16/08/2024).

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi BMM dengan pelaku UMKM di Desa Pagerharjo agar mampu mengoptimalkan penggunaan smartphone menjadi sarana dalam meningkatan pengetahuan dan penjualan produk melalui optimalisasi digital marketing.

Manajer Pendayagunaan BMM, Lukmanul Hakim, dalam sambutannya menegaskan bahwa BMM sangat mendukung pengembangan usaha di Desa Pagerharjo. Mulai dari peningkatan kapasitas bisnis, pemasaran, produk, hingga penjualan untuk meningkatkan produktivitas usaha.

“Salah satu upaya yang dilakukan BMM dalam mendukung kemajuan UMKM adalah dengan mengadakan pelatihan digital marketing.” Ungkap Lukman.

Lembaga Amil Zakat Nasional tersebut menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing bagi pelaku usaha UMKM tingkat desa di Pendopo Pancer Menoreh, Pagerharjo pada Jum’at (16/08/2024).
Lembaga Amil Zakat Nasional tersebut menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing bagi pelaku usaha UMKM tingkat desa di Pendopo Pancer Menoreh, Pagerharjo pada Jum’at (16/08/2024).

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek penting seperti marketing, strategi penggunaan media sosial, optimalisasi media sosial, serta praktik pembuatan desain grafis yang efektif. Para peserta juga diajarkan cara membuat konten agar menarik untuk meningkatkan engagement dengan target pasar mereka.

Badan Usaha Milik Desa Binangun Pagerharjo, Sri Hardani mengapresiasi upaya BMM dalam meningkatkan soft skill para pelaku UMKM.

“Saya berharap dengan adanya Pelatihan digital marketing ini, UMKM di Pagerharjo akan semakin mahir dalam memanfaatkan berbagai dunia digital khususnya penggunaan sosial media dan e-commerce untuk memasarkan produknya.” Ujar Sri Hardani.

Mirfingatus Shalichah, salah satu peserta pelatihan dan pengusaha olahan jahe, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan mengikuti pelatihan ini.

“Kami merasa sangat terbantu karena melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan selalu praktisi atau orang yang ahli dibidangnya,” Tuturnya.

Melalui pelatihan ini, BMM berharap dapat membantu para pelaku UMKM di Desa Pagerharjo untuk naik kelas dan mampu bersaing di era digital. Inisiatif ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM. (**)