Perkuat Kolaborasi “Ngangsu Kaweruh” Pemkot Batu Gelar MoU Dengan Pemkab Kulon Progo Jogjakarta

13 August 2022 - 13:52 WIB
Penandatangan MoU antara Walikota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dengan Pj Bupati Kulon Progo, Jogjakarta, Tri Saktiyana
Penandatangan MoU antara Walikota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dengan Pj Bupati Kulon Progo, Jogjakarta, Tri Saktiyana

BATU (SurabayaPost.id) – Guna memperkuat kerjasama penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menggelar Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Jogjakarta.

Penandatangan Nota kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan oleh Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko serta Pj Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, bertempat di Gedung Sendratari Arjuna Wiwaha Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (12/8/2022) malam.

Pj Bupati Kulon Progo, Jogjakarta, Tri Saktiyana, mengaku bahwa kerjasama ini diharapkan mampu memperkuat kolaborasi antara dua daerah.

“Kulon Progo,Yogyakarta, memiliki keistimewaan, begitu juga dengan Kota Batu.Saya yakin Kota Wisata Batu juga bisa menampilkan karya dan budaya yang indah,” ujar Tri Saktiyana.

Sementara itu, Walikota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, mengaku kagum bisa bertemu dengan saudara – saudara dari Kulon Progo.

Pose bersama usai MoU di Gedung Sendratari Arjuna Wiwaha Kota Batu
Pose bersama usai MoU di Gedung Sendratari Arjuna Wiwaha Kota Batu

“Kami kagum dari cerita – cerita Kulon Progo. Sekarang datang kesini rombongannya sama – sama Ngangsu Kaweruh, atau menimba ilmu, yang baik di Kota Batu bisa dibawa ke Kulon Progo begitu pula yang baik dari Kulon Progo kita adopsi di Batu,” kata Dewanti.

Degan sama – sama menampilkan tarian tarian budaya malam itu,  Dewanti menyebut dengan ciri khas yang berbeda, diharap Kota Batu bisa melahirkan seni budaya baru.

“Sebentar lagi tepatnya 17 Oktober usia Kota Batu 21 Tahun. Ibarat kuliah harus banyak belajar dan mencontoh tetangga sebelah Kabupaten Malang dan Kota Malang,” ungkapnya.

Sisi lain, kerjasama dan kesepahaman ini, pihaknya berharap bisa membawa hal baik untuk kedua belah pihak.

“Sama – sama melestarikan budaya, semoga bisa menjadi sebuah pembelajaran dan pengetahuan yang bisa melahirkan kretifitas – kreatifitas seni yang baru di batu,” harap dia.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq, menyampaikan kerjasama budaya antara Pemkot Batu dan Pemkab Kulon Progo.

“Dinas Pariwisata pemangku bidang kebudayaan yang ada di Kota Batu bersama – sama dengan Bapak Kajari Batu, melalui utusannya Kasi Intel Bapak Edi Sutomo dan Kasi Datun Bapak Bayannullah, bersinergi memberi ruang memfasilitasi untuk kegiatan ini,” kata Arief.

Menurut dia, agar bisa bersama dan berbaur dengan masyarakat sekaligus memberikan kontribusi disegala bidang di Kota Batu.

“Kami Dinas Pariwisata, yang membidangi kebudayaan siap bersinergi dan bersinambungan bagaimana bisa mensupport sarana dan prasarana bisa mengembangkan regulasi – regulasi yang kita kembangkan dengan kegiatan yang kita laksanakan,” ungkapnya.

Pada prinsipnya, lanjutnya bersama sama gotong – royong untuk mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan bagi Kota Batu. Oleh karena itu, atas nama Pemkot Batu, Arief mengapresiasi kegiatan ini.

“Mudah – mudahan program – program Kota Batu sukses untuk kepentingan masyarakat” Desa Berdaya Kota Berjaya,” pungkasnya (gus)