Gadis Multitalenta dengan Segudang Prestasi adalah Siswi SMPK Santa Maria 2 Malang, Sabet Juara 1 Jazz Vocal International Online Contest “Promotheus” Italy.

7 April 2022 - 18:21 WIB
Izabelle Kiara Kurniawan, gadis multitalenta dengan segudang prestasi
Izabelle Kiara Kurniawan, gadis multitalenta dengan segudang prestasi

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Kepiawaian siswi kelas 7 SMPK Santa Maria 2 Malang sungguh luar biasa, segudang prestasi telah diraihnya, gadis remaja ini memiliki multitalenta yang luar biasa, dia adalah Izabelle Kiara Kurniawan.

Gadis Remaja yang biasa dipanggil Kiara ini, baru-baru ini berhasil menyabet Juara 1 Jazz Vocal International Online Contest “Promotheus” Italy.

Di ajang tersebut, Kiara sapaan akrab Izabelle Kiara Kurniawan, hadir sebagai pendatang baru yang ter motivasi untuk selalu berprestasi demi nama baik bangsa negara, sekolah dan juga gereja di kancah internasional meski ditengah pandemi Covid-19.

Sejak dulu, Cucu dari Iwan Kurniawan owner PT Anugerah Citra Abadi (ACA), ini mengaku lebih suka lagu-lagu oldie blues dan jazz.

“Karena performernya harus professional, lagu apapun saya bisa. Di SMPK Santa Maria 2 ini, saya diajarkan untuk bisa menghadapi segala tantangan. Jadi genre apapun lagunya, saya harus bisa,” akunya.

Di ajang Jazz Vocal International Online Contest “Promotheus” Italy tersebut, Kiara menyanyikan lagu Feeling Good, dengan penyanyi aslinya adalah Nina Simone, di tahun 1965. Kemudian lagu ini, sering dinyanyikan salah satu penyanyi jazz top international, Michael Buble.

Untuk belajar vocal jazz, Sejak tahun 2019, Kiara sudah belajar vocal jazz ketika usianya menginjak 9 tahun dan sempat memenangkan perlombaan vocal jazz di Amerika.

Izabelle Kiara Kurniawan, gadis multitalenta dengan segudang prestasi_
Izabelle Kiara Kurniawan, gadis multitalenta dengan segudang prestasi

“Jadi untuk mempersiapkan lagu ini, saya hanya membutuhkan waktu satu bulan, dan saya tetap dilatih oleh Devina Vocal dan guru seni musik saya di sekolah,” jelasnya.

Sementara, dibidang akademik, Izabelle Kiara Kurniawan, juga tak mau ketinggalan, justru dirinya berhasil memborong dua medali emas sekaligus dari Olimpiade Sains Tingkat Nasional tahun 2022, bekerja sama dengan Post Science Assesment (PISA) dalam bahasa Inggris.

“Kiara adalah siswa kami yang memiliki multi talent. Kejuaraan yang diraihnya merupakan prestasi yang luar biasa. Semoga Kiara semakin sukses dan prestasi yang diraih oleh Kiara juga dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus menjadi pribadi yang berani mengeksplore potensi2 yang dimiliki,” puji Kepala SMPK Santa Maria 2 Malang, Sr. M. Dorothea, SPM., M.Pd, Kamis (7/4/2022).

Izabelle Kiara Kurniawan pose bersama Kepala SMPK Santa Maria 2 Malang, Sr M. Dorothea, SPM, M.Pd
Izabelle Kiara Kurniawan pose bersama Kepala SMPK Santa Maria 2 Malang, Sr M. Dorothea, SPM, M.Pd

Sebagai informasi, Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Rihand Kreatif Indonesia secara online pada tanggal 26 Maret 2022 lalu.

Olimpiade ini diikuti 1.625 peserta mulai dari ujung Timur-Utara Bontang sampai ujung Barat Papua. Menariknya olimpiade ini diikuti kelas 7-8-9, untuk kategori Olimpiade Sains Bahasa Inggris maupun Matematika. Sedangkan Kiara sendiri masih berada di kelas 7.

Saking banyaknya jumlah peserta, sampai-sampai Kiara mengaku tidak bisa masuk zoom saat simulasi. Akhirnya ia menonton dari Youtubenya mereka.

Bahkan, saat detik-detik pelaksanaan lomba, Izabelle Kiara sempat mengalami demam, suhu badannya panas tinggi.

Meski dalam keadaan demam dan suhu badannya panas tinggi, semua dikerjakan dengan baik, hingga akhirnya Izabelle Kiara Kurniawan mampu meraih dua medali emas di bidang Matematika maupun Bahasa Inggris pada Olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh Rihand Kreatif Indonesia tersebut. (lil)