HUT Ke – 20, BNN Bertekad Menciptakan Indonesia Bersinar

22 March 2022 - 19:33 WIB
Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto
Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Malang, bertekad menciptakan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba). Hal itu, mengingat jumlah kasus narkobanya, cukup tinggi.

“Mengabdi Menuju Indonesia Bersinar” juga menjadi tema dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BNN yang ke 20, Selasa (22/03/2022). Di hari yang sama, dilakukan arahan dari Kepala BNN pusat RI secara virtual kepada seluruh BNN di daerah.

“Kami menciptakan Indonesia Bersinar. Beberapa langkah diawali dari Mall Besinar, Sekolah Bersinar, Kelurahan Bersinar. Bahkan di tempat layanan publik, dibunyikan voice announcer yang berisi himbauan untuk menjauhi narkoba,” terang Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto, Selasa (22/03/2022).

Ia menambahkan, peredaran Narkoba di Kota Malang, dirasa cukup tinggi. Jika diteliti, paling banyak dari Madura untuk Jawa Timur. Sementara untuk dari luar Jawa, paling banyak dari pulau Sumatra.

“Dari catatan, dari Madura lumayan banyak. Karena itu kampanye untuk jauhi narkoba terus kita gelorakan dengan berbagai langkah. Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, untuk bersama sama mewujudkan Indonesia Bersinar. Dan itu juga didukung Forkopimda Kota Malang,” lanjutnya.

Jajaran Forkopimda pose bersama Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto
Jajaran Forkopimda pose bersama Kepala BNN Kota Malang, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto

Dalam peringatan HUT BNN ke 20 di Kota Malang, juga dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Kota Malang. Tampak hadir Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, Kodim 0833/Kota Malang, Kejaksaan Negeri Kota Malang serta Polresta Malang Kota dan Pengadilan Negeri Kelas 1A Kota Malang.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, mengucapkan selamat dan sukses untuk BNN. Tetap meletakkan fondasi untuk penyelamatan generasi dari bahaya Narkoba,” terang Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko.

Salah satu tujuan peringatan, adalah untuk menciptakan Indonesia yang bersih dari Narkoba. Tentunya melibatkan banyak pihak untuk menjadi tenaga membantu tugas BNN.

Para pejabat yang hadir di HUT BNN Kota Malang mengucapkan selamat kepada Kepala BNN, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto
Para pejabat yang hadir di HUT BNN Kota Malang mengucapkan selamat kepada Kepala BNN, Kombes Pol Raymundus Andhi Hedianto

“Mengingat, untuk melawan narkoba, harus dilakukan secara bersama sama. Akan dilakukan rehabilitasi untuk yang kecanduan. Termasuk melakukan tindakan yang melakukan kriminal,” lanjut Politisi partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Kabag Umum BNN Kota Malang, Kompol Yudha Wirawan menambahkan, bahwa dari catatan yang ada, ada peningkatan dari tahun 2021 ke 2022.

“Memang ada peningkatan sekitar lebih dari 2 persen. Padahal ini perguruan tinggi belum masuk. Karena jaringan itu, saat ini memanfaatkan ke paket pengiriman,” ujarnya.

Ia pun berpesan, jika mengetahui ada penyalahgunaan, untuk di informasikan ke BNN. Karena, ada program rehabilitasi dari pemerintah, secara gratis. Sebab penyalahgunaan narkoba adalah korban, sementara korban wajib direhabilitasi. (lil).