Jadi Narasumber Post Assessment, Kapolresta Malang Kota Ajak Peserta Menjadi SDM Unggul dan Presisi

4 August 2022 - 10:24 WIB
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto saat menjadi narasumber dalam kegiatan post assessment T.A.2022 (ist)
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto saat menjadi narasumber dalam kegiatan post assessment T.A.2022 (ist)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Polda Jatim menggelar kegiatan post assessment T.A.2022 dalam rangka peningkatan kompetensi anggota Polri menuju SDM Polri unggul dan presisi mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh di Hotel Vasa Jalan Mayjen HR Muhammad, Kota Surabaya, Rabu ( 3/8/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 120 orang dan menghadirkan para narasumber kompeten dengan segudang prestasi. Diantaranya, Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol. Hari Kurniawan, S.I.K., M.Si., serta beberapa Kepala Kepolisian Polres jajaran yaitu Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., Wakapolrestabes Surabaya Hartoyo S.I.K., M.H., dan Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono S.H., S.I.K., M.H.

Kegiatan post assessment yang diselenggarakan oleh SDM Polda Jatim ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan program presisi Kapolri yaitu peningkatan SDM yang unggul di era 4.0. Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 120 orang tersebut 68 orang diantaranya adalah asesor. Karo SDM Polda Jatim dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya untuk seluruh narasumber dan kepada seluruh asesor “Saya ucapkan terima kasih dan rasa hormat atas kehadirannya untuk peserta dan narasumber serta saya ucapkan terima Terima kasih yang disampaikan oleh Bapak Kapolda Jatim kepada para asesor atas keberhasilan Polda Jatim yang tidak lepas dari peran para asesor untuk meningkatkan SDM yang unggul” ucap Kombes Pol. Harry Kurniawan.

Karo SDM Polda Jatim, Kombes Pol Harry Kurniawan (kanan) bersama Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (ist)
Karo SDM Polda Jatim, Kombes Pol Harry Kurniawan (kanan) bersama Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (ist)

Sebagai seorang narasumber, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menyampaikan visi dan misi Polresta Malang Kota. Selain itu disampaikan pula langkah-langkah strategis serta kontrol yang harus diperhatikan dalam rangka mengimplementasikan pengelolaan perubahan dan membangun hubungan.

Poin yang termuat di dalamnya yaitu melipatkan personil yang memiliki kompetensi; inventarisir dan identifikasi permasalahan baik internal maupun eksternal; membuat konsep dan membangun sebuah sistem; anggota sebagai subjek komitmen agen perubahan; mengoptimalkan tim pengawas internal sebagai bentuk kontrol melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait; dan melakukan analisa serta evaluasi.

“Dalam rangka mengimplementasikan pengelolaan perubahan dan membangun sebuah hubungan yang harmonis dapat dilakukan dengan langkah-langkah serta kontrol yang tepat di mana Saya yakin seluruh anggota Polri dapat melakukannya dan jika hal ini di aplikasikan dengan tepat maka ini dapat menunjang SDM Polri unggul dan presisi untuk mewujudkan Indonesia tumbuh” papar Kapolresta Malang Kota.

Pose bersama usai pelaksanaan dalam kegiatan post assessment T.A.2022 (ist)
Pose bersama usai pelaksanaan dalam kegiatan post assessment T.A.2022 (ist)

Dalam sesinya, Kapolresta Malang Kota juga memberikan tips yang menjadi prinsip kerjanya. ,”Menjadi seorang pemimpin maupun sebagai anggota Polri tidaklah mudah, namun sampai saat ini saya selalu menerapkan beberapa hal untuk diri saya dan mungkin bisa menginspirasi rekan-rekan yang ada di sini seperti berpikir analitis, ketabahan, melakukan sebuah rencana dengan visi misi organisasi, kemampuan dalam hal kepemimpinan, manajemen konflik, membangun hubungan, kontrol, berpikir konseptual, integritas, orientasi pada pelayanan, dan dorongan prestasi” terang Kombes Pol Budi Hermanto.

Sebagai seorang narasumber dalam acara yang spesial ini, Kapolresta Malang Kota juga menyampaikan beberapa inovasi yang dimiliki oleh Polresta Malang Kota. “Sejauh ini Polresta Malang Kota telah memiliki beberapa inovasi yang Saya yakin inovasi-inovasi inilah dapat membantu mendekatkan masyarakat dengan Kepolisian dan inovasi yang kita miliki seperti aplikasi Jogo Malang Presisi, Makota Sigap, Vaksinasi Drive Thru, SIM bhabinkamtibmas, barcode vaksin, Sama Ramah, Simpati makota, serta Dispenser masker” tegasnya.

Inovasi yang dimiliki oleh Polresta Malang kota tersebut memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat kota Malang seperti Contohnya yaitu aplikasi Jogo Malang Presisi yang sudah terintegrasi dan berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait yang menyediakan pelayanan publik mulai dari kepolisian hingga gaya hidup yang semuanya terangkum dalam satu genggaman ponsel melalui aplikasi yang dapat di unduh menggunakan telepon pintar.

Berbuatlah selagi masih diberi kesempatan untuk mengabdi merupakan pedoman yang dipegang teguh oleh Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., “Selagi kita masih diberi kesempatan menjadi seorang abdi negara atau anggota Polri tentu saja kita harus secara maksimal untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama dan itulah prinsip yang saya pegang hingga saat ini,” tandasnya. (*)