Jemput Rezeki Ramadhan Pokdarwis Trate Gelar ‘Trate Ta’jil Market’

22 March 2023 - 20:44 WIB

GRESIK (SurabayaPost.id)–Di tengah jalan terjal meniti pemulihan ekonomi pasca pandemi, bulan suci diharapkan membawa berkah. Ramadhan identik dengan bulan belanja. Momentum mengantongi laba. Saban tahun disambut semringah oleh para pelaku usaha. Dari skala korporasi hingga pedagang kaki lima. Di bulan puasa, pebisnis memanen transaksi jumbo bertabur profit berlipat ganda.

Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H ada gelaran ‘Trate Ta’jil Market’. Gelaran sajian beraneka ragam kuliner itu untuk menjemput Ramadhan bulan limpahan rezeki yang di inisiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Trate Kecamatan Kota Gresik.

Trate Ta’jil Market akan di helat di sepanjang jalan Abdul Karim Trate Gresik selama bulan suci mulai dari pukul 14.00 sampai 18.00 wib dari tanggal 23 Maret hingga 20 April 2023.

Berbagai menu makanan maupun minuman khas Gresik seperti Arang arang kambang, Bubur waduk, Es bonceng, Es manisan kedondong, Masin krupuk, Brengkesan, Aneka lauk, Bandeng mangut, Bali bandeng, Bandeng cemplung, Bandeng kotokan dan lainnya akan dijajakan di sepanjang jalan abdul karim, Trate Gresik.

Ketua Pokdarwis Kekurahan Trate Mohammad Abdillah Ubaid mengatakan, acara tersebut diadakan untuk menjemput rezeki di bulan Ramadhan dari sektor UMKM masyarakat sekitar. Sekaligus memperkenalkan destinasi wisata kuliner selama bulan Ramadhan

“Trate Ta’jil Market yang mana acara ini untuk meningkatkan perekonomian UMKM setempat. Dan juga memperkenalkan Trate sebagai salah satu pusat kuliner di kota Gresik,” katanya, Rabu (22/3/2023).

Abdullah Ubaid juga menjelaskan bahwa, tujuan diadakan acara ini, untuk menyambut bulan suci dengan kegiatan yang produktif. Bahkan untuk meramaikan ‘Trate Ta’jil Market’ dirinya sudah mempersiapkan berbagai hiburan untuk masyarakat.

“Harapannya agar masyarakat bisa menyambut bulan suci dengan kegiatan yang produktif sehingga tagline yang kami pakai dalam acara ini yaitu #Ramadhanproduktif. Selain itu juga untuk menunjukan ke masyarakat gresik, bahwa di Trate ini ada potensi Kuliner yang enak-enak,” ungkapnya.

“Disini nanti setiap hari sabtu ada pentas seni dari siswa siswi yayasan PPNUT, mulai dari SD NU, MINU Putri, MINU Putra, MTS dan SMK Nu,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Mamat Simatupang ini menuturkan, Rencananya untuk pembukaan diadakan pada hari Jumat 24 Maret 2023 pukul 15.00. Panitia mengundang Bapak Bupati dan para OPD terkait.

“Besok jumat pada pembukaan juga ada peresmian kampung halal dari kemenag dan halal center karena di kelurahan trate dipilih sebagai kampung halal untuk percontohan provinsi jawa timur. Semoga Bapak Bupati Gresik berkenan hadir,” pungkasnya.(*)