Kandang Ternaknya Terbakar, Warga Blooto Merugi Rp 50 Juta

15 September 2019 - 15:25 WIB
Kondisi kandang ternak yang terbakar.

MOJOKERTO (surabayapost.id) – Sebuah kandang ternak sapi yang berada di belakang rumah milik Kholiq (69) warga Lingkungan Kemasan Gang V, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto dilalap jago merah, Minggu (15/9/2019) siang. Kerugian korban akibat kejadian tersebut ditaksir sekitar Rp 50 juta.

Api melalap kandang ternak sapi yang terbuat dari bambu dan rumah milik korban diperkirakan sekitar pukul 11.30 WIB. Diduga api berasal dari pembakaran diang atau batang tanaman padi kering. Selain itu, kondisi angin kencang membuat api kian membesar dan merambat ke kandang.

Api semakin membesar hingga membakar bagian dapur rumah milik korban. Satu hewan ternak sapi turut terbakar. Sebanyak 5 unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk membantu memadamkan api. “Api diduga kuat dari diang yang sengaja dibakar oleh pemilik rumah di area dalam kandang ternak dengan tujuan agar tidak ada nyamuk dan lalat di sekitar area kandang,” ungkap Sony warga setempat ketika ditemui di lokasi kebakaran.

Ia menambahkan, saat itu angin kencang dan cuaca panas. Dimungkinkan karena angin kencang, akhirnya bara api membesar hingga membakar kandang yang terbuat dari bambu dan menjalar ke sebagian bangunan rumah bagian belakang.

Dua jam kemudian api berhasil dijinakkan dan dilakukan pembasahan oleh tim Damkar. “Pemilik rumah belum bisa dimintai keterangan terkait kejadian yang dialaminya karena shok, takut disalahkan,” pungkas Sony. (joe/fan)