Kapolres Batu Ajak Belasan Perguruan Silat Bersilaturahmi Lewat Lomba Tari Selamat Datang

3 June 2021 - 20:25 WIB
Kapolres Kota Batu ,AKBP Catur C Wibowo SIK MH

BATU (SurabayaPost.id) – Kapolres Batu, rangkul belasan perguruan pencak silat yang tergabung di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Batu. Mereka diajak bersilaturahmi lewat ajang Lomba Tari Selamat Datang yang digagas Polres Batu bersama Disparta Kota Batu, Kamis (3/6/2021). 

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo SIK MH,  mengakui hal tersebut. Menurut Catur, itu dilakukan bertujuan agar para perguruan pencak silat di Kota Batu tidak berkutat hanya dengan keilmuannya dan kanuragannya saja.

“Untuk mempererat hubungan IPSI dengan Polres, ajang silaturahmi yang harus dirawat dan kita bina dengan baik,” katanya.

Seperti halnya, kata dia, pada saat di Sendratari. Menurutnya bisa berkumpul seperti itu harus disyukuri.

“Di Kota Batu ada Sendratari ,itu bisa dijadikan ajang untuk berlatih oleh mereka. Tempatnya nyaman ,sejuk dan indah.Karena atraksi silat tersebut, bagian dari seni beladiri, tentunya akan menjadi indah dan bagus jika dikemas dengan baik,” paparnya.

Itu, papar dia, mereka bisa menunjukkan kebolehan atraksinya. Bukan berarti menunjukan kebolehannya saling adu kanuragan dan kebolehan lainnya.

“Alhamdulillah untuk di Kota Batu para  perkumpulan perguruan silat lebih mengedepankan persaudaraan  dengan perkumpulan bela diri – bela diri lainnya. Artinya mereka tengah memberi warna lain dan tampil beda,” puji Catur.

Apalagi, lanjut dia, dari belasan perkumpulan perguruan silat tersebut, tidak merasa satu dengan yang lainnya dianggap sebagai pesaing.

“Mereka menjalin persaudaraan sangat luar biasa.Apalagi Disparta Kota Batu tengah memberikan ajang dan peluang agar berlatih  dia area Sendratari,” terangnya.

Dengan demikian, ia berjanji di waktu tertentu bakal mengagendakan lagi silaturahmi. Hal itu untuk memupuk ikatan persaudaran yang lebih baik lagi.

“Ada pepatah, tak kenal, maka tak sayang,Setelah kenal dan sayang, maka kuatkan tali persaudaraan yang baik dan kuat.Para pesilat jiwa – jiwa kesatria itu,sangat lembut hatinya,” serunya.

Sekadar diketahui, ada belasan perguruan pencak silat yang tergabung di IPSI Kota Batu. Itu di antaranya perguruan silat Merpati Putih, Persinas Asad, Pagar Nusa, IKS PI dan Tapak Suci, PS HW  serta Perisai Diri (PD). (Gus)