Kecewa, Ratusan Siswa SMAN 1 Gondanglegi Demo

21 November 2018 - 15:55 WIB
Siswa SMAN 1 Gondanglegi Demo

MALANG (SurabayaPost.id) – Ratusan siswa SMA Negeri 1 Gondanglegi, Kabupaten Malang melakukan demo, Rabu (21/11/2018). Mereka kecewa karena kinerja Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Gondanglegi jelek. Sehingga suasana di sekolah tersebut tak harmonis.

Menurut mereka, guru pengajar terpecah jadi dua kubu. Yakni kubu Kasek dan kubu oposisi terhadap Kasek.

Makanya, kata Wilda Faris, perwakilan siswa, terjadi aksi demo. “Sebab dampak perpecahan itu tidak enak bagi siswa,” kata dia.

Apalagi tegas dia, siswa yang hendak melakukan aksi unjuk rasa ini sebelumnya diancam. “Diancam tak lulus, diblacklist kalau melanjutkan ke Perguruan Tinggi,” katanya.

Meski diancam, kata dia, para siswa sepakat untuk demo. Agar ada solusi sehingga suasana pembelajaran berlangsung kondusif.

Untuk itu kata dia, siswa mengajukan 13 tuntutan kepada pihak sekolah. Salah satunya terkait transparansi biaya bimbingan belajar kelas XII, yang awalnya dijanjikan 6 mata pelajaran namun realitanya siswa hanya mendapat 3 mata pelajaran dan bahkan sering diliburkan.

Para siswa juga mengancam akan melakukan aksi mogok belajar selama seminggu kedepan. “Itu jika tuntutan kami tidak diakomodir,” katanya. (M Cholil)