Kejar Herd Immunity 80 Persen, Polresta Makota Lakukan Vaksinasi Door to Door

2 August 2021 - 16:53 WIB
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto didampingi Waka Polresta AKBP Deni Heryanto saat memberikan keterangan kepada wartawan

MALANG (SurabayaPost.id) – Polresta Malang Kota terus melakukan sejumlah langkah terobosan. Itu dilakukan untuk mengejar Herd Immunity (kekebalan kelompok) hingga 80 persen vaksin. 

Di antara terobosan itu salah satunya, dengan pelaksanaan vaksinasi door to door. Sasarannya, kepada para abang becak, para homeless, yang kemungkinan tidurnya di depan ruko ruko.

Teknis pelaksanaan vaksin tersebut, akan dilakukan malam hari. Bahkan, dengan mengkumpulkan pendataan dari RT / RW.

“Kami akan lakukan vaksin door to door. Sasarannya, adalah mereka mereka yang tidak memungkinkan datang ke gerai vaksin,” terang Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Senin (02/08/2021).

Selain itu, lanjut Kapolresta, akan segera dilakukan vaksinasi tahap ke 2. Kerjasama dengan Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) serta Dinas Kesehatan (Dinkes), hari Kamis (05/08/2021) mendatang. Jumlahnya, sekitar 2000 dosis, yang untuk tahap pertama, sudah dilakukan, beberapa waktu lalu.

Bahkan, saat ini pihaknya sedang berkirim surat kepada Walikota serta Polda Jatim. Sehingga, bisa segera melakukan vaksinasi yang pertama lagi.

Disinggung berapa vaksin yang diajukan, Kapolresta yang akrab disapa Buher ini, mengajukan sebanyak banyaknya.

“Kami sedang bersurat kepada pak Wali dan Polda Jatim. Ya kami ajukan sebanyaknya. Sekitar 5000 sampai 10.000 ribu. Tapi ya tergantung ketersediaan vaksinya,” lanjutnya.

Ditambahkannya, dalam vaksinasi, pihaknya bekerjasama dengan para relawan, organisasi masyarakat yang mempunyai kwalifikasi perawat. Sementara untuk vaksinator, adalah tenaga yang sudah tersertifikasi keperawatan.

“Pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Ada dokternya juga. Vaksinator sudah tersertifikasi, mulai antri data, screening, observasi dan lainya,” pungkas Budi Hermanto. (Lil)